Home » , » Lotus Evija, Calon Hypercar Listrik Lotus dengan Tenaga 2.000 HP

Lotus Evija, Calon Hypercar Listrik Lotus dengan Tenaga 2.000 HP

Otovirtual.com - Selama ini publik hanya mengetahui kode "type 130" untuk calon mobil baru dari Lotus. Namun awal Juli kemarin, Lotus mengkonfirmasi nama resmi untuk hypercar ini. Ialah EVIJA yang berarti The First in Existence atau yang pertama ada. Evija merupakan mobil pertama yang akan dihadirkan Lotus setelah "bergabung" dengan raksasa Tiongkok Geely.
Lotus Evija, Calon Hypercar Listrik Lotus
Lotus Evija, Calon Hypercar Listrik Lotus
Desain Evija sangat hypercar banget dengan banyak bagian yang dibuat se-aerodinamis mungkin seperti body samping dengan lekuk dinamis dan berlubang hingga wing spoiler belakang yang cukup besar. Seluruh body-nya dibuat dari serat karbon, bahkan hingga sasis monokoknya yang juga terbuat dari serat karbon utuh. Hal ini membuatnya menjadi hypercar listrik paling ringan yang pernah dibuat, hanya 1.680 kg. CMIIW.
Lotus Evija, Calon Hypercar Listrik Lotus
Pintu Evija ketika dibuka
Lotus Evija, Calon Hypercar Listrik Lotus
Sisi aerodinamis Evija
Selain desain jempolan, Evija akan juga akan dipersenjatai dengan "mesin" perkasa. Total ada 4 motor listrik di masing-masing roda yang mampu mengeluarkan tenaga sedikitnya 2.000 PS atau hampir mendekati 2.000 HP. Torsinya juga badak kuadrat, hingga 1.699 Nm. Dengan bobot ringan dan power "nggilani", Evija akan mampu melesat dari 0 - 100 kph dalam waktu kurang dari 3 detik dan tembus 300 kph dalam waktu kurang dari 9 detik. Top speed? Tembus 321 kph!

Bagaimana dengan chargingnya? Tenaga sebesar itu pasti butuh baterai luar biasa kan?

Tenang saja. Lotus mendesain Evija agar kompatible dengan charger umum 350kW lain. Memang saat ini belum banyak, tapi saat mobil ini hadir, diperkirakan charge 350kW sudah bisa ditemui dengan mudah. Dengan charger ini, untuk mencapai level baterai 80% hanya membutuhkan waktu 12 menit! Dengan tambahan 6 menit berikutnya, maka caterai sudah 100% charged, gila!
Interior Lotus Evija
Interior Lotus Evija
Bagian Belakang Lotus Evija
Bagian Belakang Lotus Evija
Nah, Evija baru akan memasuki jalur produksi tahun 2020 nanti. Hanya ada 130 unit yang dibuat, itulah kenapa kodenya "Type 130". Harganya? Hanya sekitar 1,7 juta pound atau sekitar 29,5 miliar rupiah, belum termasuk pajak! Yang misqueen dilarang nangis 😭


Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

0 comments:

Post a Comment

Search