Home » , » Waduh, Honda Recall Ratusan Ribu CR-V Karena Airbag Bisa Meledak Sendiri

Waduh, Honda Recall Ratusan Ribu CR-V Karena Airbag Bisa Meledak Sendiri

Otovirtual.com - Honda CR-V model 2019 harus di-recall oleh Honda terkait masalah airbag. Masalah ini terjadi di Amerika Serikat namun tidak terkait dengan problem airbag Takata. Kali ini ditemukan adanya masalah pada wiring (pengkabelan) di bagian stir CR-V yang bisa membuat korsleting.
Honda CR-V
Honda CR-V
Akibatnya bisa menimbulkan banyak masalah seperti klakson mati atau berbunyi sendiri, tidak berfungsinya tombol-tombol di stir hingga yang parah adalah mengakibatkan airbag pengemudi dapat meledak secara tak terduga. Dilaporkan sudah ada 6 kejadian airbag meledak dengan 3 korban luka. Semuanya tanpa kecelakaan sedikitpun.

Total ada 118.598 CR-V yang kena recall di Amerika dan menurut Honda sekitar 137.000 unit di seluruh dunia. Unit yang terkena recall adalah CR-V rakitan antara 3 Oktober 2018 hingga 1 April 2019. Pemberitahuan recall ini dikeluarkan oleh NHTSA yang menyatakan bahwa "serpihan logam dari setir mungkin dapat merusak kabel di dalamnya, berpotensi menonaktifkan airbag pengemudi atau bahkan membuatnya aktif tanpa peringatan apapun."
Stir Honda CR-V
Stir Honda CR-V
Honda sendiri akan memperbaiki masalah ini dengan memasang cover pelindung, serta mengganti clockspring dan kabel di dalam stir. Perbaikan akan dilakukan secara gratis pastinya. Namun karena terbatasnya pasokan dan tool yang terbatas, Honda baru akan menerima part awal Juni 2019 dan melakukan perbaikan di awal Juli 2019 nanti.

Apakah recall juga akan diberlakukan untuk CR-V 2019 di Indonesia?


Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

0 comments:

Post a Comment

Search