Home » , , , , , , , » Pabrikan Mobil Jepang dengan Desain Fascia Yang Khas, Mana Favoritmu?

Pabrikan Mobil Jepang dengan Desain Fascia Yang Khas, Mana Favoritmu?

Otovirtual.com - Tiap mobil yang memiliki ciri khas pasti akan dengan sangat mudah dikenali. Kalau melihat ada 2 lampu bulat kiri dan kanan belakang mobil, yang satu kecil yang satu agak besar pasti sebagian besar langsung bisa menebak, oh itu Nissan GT-R. Atau kalau melihat 2 lampu depan yang membulat agak lonjong kemudian tanpa grill, pastinya itu adalah Porsche!
Desain Fascia yang Khas dari Pabrikan Mobil
Desain Fascia yang Khas dari Pabrikan Mobil
Kenapa nggak lihat embemnya saja? Iya kalau dekat... kalau jauh?

Itulah mengapa banyak produsen mobil yang kemudian mencari ciri khas dari semua mobil buatannya. Mereka pastinya ingin agar mobil yang dibuatnya langsung diketahui orang meski hanya dilihat sekilas saja, meskipun ketika ngebut di jalan. Jelas, paling gampang adalah dengan desain wajah alias fascia-nya.

Sekarang, ada beberapa pabrikan mobil, terutama Jepang dan Asia yang memiliki desain fascia yang khas, yang amat mudah dikenali, oo... ini mobil A, itu pasti mobil B!

Honda

Honda memiliki desain fascia yang khas yang sudah diaplikasikan ke hampir semua produknya, yaitu dengan Solid Wing Face-nya. Desain ini sangat mudah dikenali dengan grille dan lampu depan mobil yang membentuk siluet sebuah sayap pada kedua lampunya.
Solid Wing Face Honda
Solid Wing Face Honda
Desain Solid Wing Face ini diumumkan tahun 2013 lalu (CMIIW) yaitu "EXCITING H DESIGN!!!", yang segera diterapkan pada semua mobil Honda secara global untuk mempromosikan karakter yang lebih unik dan kehadiran yang lebih kuat di seluruh dunia.

Memang ada 3 tanda seru yang mewakili tiga faktor desain, yaitu "High Tech." yang merupakan semangat inovatif, "High Tension" yang mewakili pengejaran struktur dan tata letak tubuh yang indah, dan "High Touch" yang mewakili permukaan dan tekstur yang diasah dengan halus.

Beberapa mobil Honda seperti CR-V, HR-V, Civic dan City hingga Honda Jazz tak luput didesain dengan fascia solid wing face ini.

Mitsubishi

Pabrikan tiga berlian ini juga mempunyai bahasa desain khas yang bisa dilihat dengan jelas walaupun hanya sekilas. Dynamic Shield namanya yang didesain oleh Tsunehiro Kunimoto, Manajer Desain Mitsubishi Motors.
Mitsubishi Eclipse Cross dengan desain Dynamic Shield
Mitsubishi Eclipse Cross dengan desain Dynamic Shield
Menurut Kunimoto, desain ini terinspirasi dari dua sumber yaitu desain unik yang dimiliki Pajero dimana bumpernya yang dirancang untuk melindungi penumpang dan mobil itu sendiri, serta air intake atau jalur masuk udara di bawah grill milik Evolution yang berbentuk trapesium. Kombinasinya jika diperhatikan desain fascia Dynamic Shield akan menyerupai huruf `X`, dengan headlamp dan grill yang terapit di tengah-tengahnya. Khas banget...

Pajero Sport, Outlander hingga Xpander telah diwarisi desain fascia Dynamic Shield ini.

Toyota

Toyota memulai desain yang baru dan fresh sejak tahun 2012 lalu dengan bahasa desain “Keen Look”. Keen Look sendiri adalah bahasa desain global yang tidak selalu jadi sporty, tapi bisa juga lebih tegas.
Toyota Camry Keen Look
Toyota Camry Keen Look
Jika diterjemahkan Keen Look memiliki arti tampilan tajam, seperti silet. Tampilannya tidak seperti Solid Wing Face yang cenderung tersenyum tapi bertampang galak dan memiliki sudut-sudut tajam.  Mobil yang pertama kali mendapatkan desain keen look ini adalah Toyota Auris yang diluncurkan di Eropa.

Menurut Hiroya Fujita selaku engineer yang pertama kali menciptakan mobil dengan wajah keen look, semua mobil Toyota global akan memiliki desain bumper yang lebih menekan kebawah untuk memberikan kesan lebar, rendah dan memiliki titik gravitasi rendah, lalu setiap lekukan mobil dibuat diberikan karakter yang tajam dan kuat sesuai dengan permintaan Akio Toyoda yang memerintahkan untuk membuat mobil yang menarik dengan postur yang sporty.

Yaris Eropa, Camry dan Altis adalah beberapa mobil Toyota yang menggunakan desain ini.

Mazda

Pabrikan Jepang yang juga memiliki desain fascia khas adalah Mazda. Gaya desain Mazda terbaru ini disebut KODO-Soul of Motion. Desain KODO ini dengan mudah bisa kita kenali lewat wajah mobil Mazda dimana ada garis pemisah yang tegas antara headlamp dan foglamp dengan grill yang bentuknya seperti perisai lima sisi yang lancip di bagian bawah.
Mazda CX-5 KODO Soul
Mazda CX-5 KODO Soul
Otak di balik desain KODO ini adalah Chief Designer Mazda, Ikuo Maeda yang merupakan gabungan dari unsur keindahan, kekuatan, dan kelincahan. Mazda CX-3, CX-5, dan Mazda2 terbaru merupakan beberapa mobil Mazda yang menggunakan desain ini...

KIA

Selain pabrikan Jepang, pabrikan Korea juga memiliki desain fascia yang khas. Yups, Tiger Nose alias Hidung Macan karena memang desain grill pada mobil KIA mirip seperti hidung harimau. Headlamp tipis yang terintegrasi ke grill juga merupakan bentuk yang paling khas dari Tiger Nose ini.
KIA Ceed Tiger Nose
KIA Ceed Tiger Nose
Tiger nose yang cukup berkarakter (walaupun ada yang bilang agak mirip dengan BMW) ini mulai hadir saat Peter Schreyer menjabat sebagai Chief Design Officer Kia Motors Corporation. Dan ini pula yang menjadi salah satu kunci semakin meningkatkan penjualan Kia secara global.

Desain Tiger Nose hadir pertama kali di tahun 2006 pada mobil sport coupe Kia Kee yang diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2007. Kalau di Indonesia, tiger nose juga hadir di semua mobil Kia seperti New Kia Rio, Picanto, Sportage hingga Sorento.

Itulah beberapa desain khas dari fascia mobil-mobil di Asia. Kalau mobil-mobil Eropa sih banyak, seperti Porsche, BMW, hingga Volvo misalnya juga sangat khas desain fascia-nya.

So, menurut masbro semua, mana yang paling keren? Kalau menurut saya sih, lebih keren Mitsubishi dan KIA. Tapi belinya Honda 😆😆😆


Hubungi dan Ikuti juga Otovirtual.com di media berikut:

0 comments:

Post a Comment

Search