Home » , , , , » Inilah Mobil Balap Paling Kencang Sejagad, Tembus 809 Kmh!

Inilah Mobil Balap Paling Kencang Sejagad, Tembus 809 Kmh!

Mobil paling kencang sejagad telah dipecahkan beberapa waktu lalu di Bonneville di World Speed ​​Finals. Dave Spangler berama Team Vesco dan mobil Turbinator II. Sesuai dengan namanya, mobil ini digerakkan oleh turbin, walaupun tidak seperti turbin mesin jet yang menghasilkan dorongan ke belakang.
Turbinator II Tembus 809 kmh
Turbinator II Tembus 809 kmh
Dave Spangler dan Turbinator II telah sukses mencatatkan kecepatan tertinggi 503 Mph (809 Km/h), kira-kira setara dengan kecepatan Boeing 737 ketika di udara! Sekilas, Turbinator II memang terlihat seperti mobil balap kecepatan ultra tinggi biasa yang sering diuji di tempat ini. Namun, mesin turbin gas yang terletak di dalam tubuh yang panjang dan tipis tidak menghasilkan dorongan ke belakang layaknya pesawat jet, tetapi menggerakkan keempat ban Mickey Thompson. Jadi benar-benar seperti mobil biasa, bukat jet darat. Mesin Lycoming T55-L-712 yang digendongnya mampu menghasilkan tenaga lebih dari 5.000 HP, Edan!
Turbinator II dan Team Vesco
Turbinator II dan Team Vesco
Turbinator II memiliki panjang 10.9 meter, panjang banget yang jelas...wheelbasenya 6.4 meter dengan berat 2.245 kg. Remnya? Seperti biasa, mobil model ini menggunakan parasut untuk memperlambat kecepatannya.

Sebelumnya, Turbinator II memang pernah memegang rekor untuk mobil 'berpenggerak roda' terkencang, tetapi hanya 482.646 Mph (776.743 Km/h) dengan kecepatan tertinggi 492 Mph (791 Km/h). Rekor tersebut dibuat pada bulan September lalu.
Turbinator II ketika negbut di padang garam
Turbinator II ketika negbut di padang garam
Dan kini, Turbinator II mampu meraih top speed 503 Mph (809 Km/h). Sayangnya, rekor ini tidak bisa dimasukkan sebagai rekor mobil berpenggerak roda tercepat di dunia karena Turbinator II hanya melakukan 1 kali run. Hujan yang mengguyur membuat run kedua dalam arah berlawanan batal dilakukan. Padahal syarat untuk tercatat dalam rekor harus melakukan 2 kali run dalam arah berlawanan, seperti Veyron SS ataupun Hennessey Venom GT.

0 comments:

Post a Comment

Search