Home » , , , » Audi E-Tron SUV Diluncurkan, Mobil Listrik Pertama Audi Ini Siap Bertarung dengan Tesla Model X

Audi E-Tron SUV Diluncurkan, Mobil Listrik Pertama Audi Ini Siap Bertarung dengan Tesla Model X

Mengikuti jejak Mercedes dan Tesla, akhirnya Audi merilis model pertama yang masuk dalam armada kendaraan listrik. Perkenalkan Audi E-Tron SUV yang diklaim sebagai mobil listrik pertamanya dan siap bertarung dengan Merceses-Benz EQC dan juga Tesla Model X.
Audi E-Tron SUV
Audi E-Tron SUV 
Sebenarnya Audi pernah memiliki mobil listrik lainnya, Audi R8 e-tron yang sayangnya merupakan "produk gagal". Mungkin Audi lupa kali ya... hehe.

Audi e-tron SUV menggunakan 2 motor asynchronous yang dipasok tenaganya oleh baterai 95 kWh. Kedua motor ini memiliki tenaga maksimal 402 bhp dan torsi 660 Nm yang sanggup melontarkan E-Tron SUV melaju dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 5,5 detik dalam "boost mode". Dalam mode normal, mobil ini hanya mampu melaju dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 6,4 detik. Top speednya juga cukup kencang hingga 200 Km/h.

Berbicara tentang mobil listrik tentu tidak lepas dari jarak tempuh. E-Tron SUV mampu melaju sejauh 250 mil atau 402 km dalam sekali charging. Waktu chargingnya juga cukup cepat, hanya 30 menit untuk mengisi dari kosong hingga 80%. Tapi dengan syarat, chargernya harus memiliki  daya 150kW yang saat ini masih sangat jarang. Sebagai perbandingan, supercharger Tesla yang sudah cukup banyak di luar sana saja hanya memiliki daya 120 kW.
Charging Audi E-Tron SUV
Charging Audi E-Tron SUV 
Berita baiknya, pemilik mobil ini di Amerika Serikat akan bisa menggunakan jaringan stasiun pengisian listrik VW Group yang akan mencakup hampir 500 lokasi di seluruh negara bagian tahun depan.

Audi juga telah memperkenalkan penggerak electric AWD pada mobil ini. Sistem ini memungkinkan traksi optimal dalam semua kondisi dan dapat mendistribusikan torsi antara as roda tanpa jeda. Total ada 7 mode berkendara yang ditawarkan dalam mobil ini, mulai dari efisien hingga sporty.

Secara dimensi, Audi e-tron SUV memiliki panjang 4.9 m, lebar 1.93 m, dan tinggi 1.66 m. Mobil ini diklaim sangat nyaman untuk penumpang hingga 5 orang dewasa di kabin yang luas yang penuh dengan teknologi. Salah satu fitur yang paling ditunggu adalah Virtual Mirror yang berupa kamera kecil sebagai pengganti spion tradisional. Keren...

Harganya?

Di Amerika, mobil ini akan dibanderol mulai 74.800 USD untuk versi entry level Premium Plus, 81.800 USD untuk varian Prestige yang dilengkapi dengan fitur seperti head-up display, Driver Assistance, tirai kaca belakang, Valcona Leather, hingga pengaturan memori untuk jok penumpang depan. Untuk versi tertinggi First Edition dibanderol dengan harga 86.700 USD yang memiliki fitur sama seperti Premium Plus dan Prestige, dan ditambah dengan velg 21 inch baru, kaliper rem orange, aksen kayu di seluruh kabin, Night Vision Assistant, dan tambahan lainnya.

Mau?

3 comments:

Search