Home » , , , » Tidak Lagi Hitam, Seperti Inikah Plat Nomor Kendaraan Terbaru Nanti?

Tidak Lagi Hitam, Seperti Inikah Plat Nomor Kendaraan Terbaru Nanti?

Saat ini plat nomor kendaraan pribadi di Indonesia adalah hitam sebagai warna dasar dengan tulisan putih. Namun, ternyata plat nomor saat ini menjadi salah satu kendala untuk rencana penerapan tilang elektronik yang juga mengandalkan CCTV yang terpasang.
Ilustrasi plat nomor kendaraan pribadi
Contoh plat nomor kendaraan pribadi
Menurut Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Royke Lumowa (yang saya kutip dari Kompas & Viva) mengatakan bahwa tilang elektronik baru akan efektif paling cepat di tahun 2019. Dan tilang elektronik tidak akan efektif jika plat nomor kendaraan masih sama dengan saat ini karena sulit terdeteksi oleh CCTV. Yang sering "bermain" dengan kamera inspeksi yang harus membaca karakter atau OCR pasti tahu betapa sulitnya membedakan angka 1 dan I, 6 dan G, 0 dengan O serta pembacaan karakter lainnya.
"Harus diubah warnanya ke warna yang lebih terang. Semua ini akan dilakukan secara bertahap sesuai regulasi dan anggaran pengadaan tanda nomor kendaraan bermotor," ujar Royke.
Nah lantas plat nomornya akan diubah menjadi seperti apa?

Beberapa hari lalu, akun Instagram @polantasindonesia memposting sebuah gambar plat nomor yang kabarnya merupakan plat nomor yang akan digunakan nanti di tahun 2019. Seperti ini penampakannya :
Plat nomor baru tahun 2019?
Plat nomor baru tahun 2019?
Caption yang tertulis juga sangat simple, hanya “The next licensed-plate vehicle number be like" atau plat nomor kendaraan nantinya seperti ini. Terlihat jelas bahwa plat nomor ini terlihat lebih kontras, dengan warna dasar putih dan tulisan hitam.


Namun, untuk perubahan seperti ini belum final karena masih terus dikaji dan digodok. Yang jelas masih ada peraturan yang harus dirubah untuk mengganti plat nomor ini, seperti Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor misalnya karena ada aturan mengenai warna disana.
"Warna dasar putih variasi, sepertinya, masih digodok sampai sekarang," tambah Royke.
Pasal 39 Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012
Pasal 39 Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012

Nah, kira-kira setuju nggak kalau plat nomor kendaraan pribadi nantinya seperti itu. Kalau saya sih tidak masalah, yang penting kualitasnya lebih bagus dari sekarang yang catnya sering mleber kemana-mana. Dan juga, semoga saja untuk plat nomor depan motor bisa memakai stiker seperti di negara tetangga. Ya kan?

0 comments:

Post a Comment

Search