Home » , , , » Mau Pilih Yamaha NMax atau All New PCX? Ayo Kita Bandingkan

Mau Pilih Yamaha NMax atau All New PCX? Ayo Kita Bandingkan

Kedua skutik premium ini memang sangat menarik untuk selalu disandingkan dan dibandingkan. Apalagi sekarang tren pasar skutik sudah mulai berubah dari skutik kecil ke skutik gambot, atau minimal skutik berkubikasi 150cc ke atas. Ketika dulu Honda PCX masih berstatus CBU, akan susah untuk membandingkan kedua motor ini karena harganya yang bak langit dan bumi, walaupun kelasnya sama. Namun All New PCX yang kini diproduksi di Indonesia menjadi kompetitor yang benar-benar head to head bagi Yamaha NMax.
Pilih NMax atau All New PCX?
Pilih NMax atau All New PCX?
Secara fitur dan spesifikasi, baik Yamaha NMax maupun All New PCX masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Dan ketika kita disuruh memilih, apakah mau beli NMax atau PCX tentu saja agak susah menentukan karena ya itu tadi, harga mirip, spesifikasi juga tidak beda jauh, fitur juga tidak "njomplang" banget. Soal desain, jelas tergantung masing-masing orang.

Jadi kita coba bandingkan saja kedua motor ini, mungkin bisa sedikit membantu yang sekarang masih bingung. Kebetulan, saya juga pernah merasakan bagaimana rasanya naik 2 motor ini.

Baca juga:
1. Design

Untuk urusan design, seperti yang saya tulis di atas adalah relatif, masing-masing orang akan memiliki pandangan yang berbeda. Yamaha NMax memiliki desain yang simple namun mengalir sporty, sementara PCX baru memiliki desain yang tegas dengan banyak lekukan yang mengalir namun sangat elegan dan mewah.

Kalau senang dengan desain yang mewah/elegan ya silakan pilih PCX, sementara kalau suka yang sporty ya monggo  pilih NMax. Jadi  untuk masalah desain ini imbang saja...

NMax 1 vs All New PCX 1

2. Fitur

Berbeda untuk urusan fitur yang dibawa kedua motor ini. All New PCX yang hadir terakhir memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan NMax. PCX memiliki fitur smartkey yang terintegrasi dengan antitheft dan alarm, sementara Nmax masih menggunakan kunci konvensional.
Keyless system All New PCX
Keyless system All New PCX
Fitur lainnya adalah port charger yang terdapat di PCX sementara NMax absen. Fitur starter senyap alias ACG (Alternating Current Generator) juga hadir di All New PCX sementara NMax masih menggunakan starter yang bunyi cekgreng... Untuk fitur lainnya seperti bagasi luas, speedometer digital, dan lain-lain ada semua. Jadi untuk urusan fitur jelas All New PCX unggul.

NMax 1 vs All New PCX 2

3. Performa

Walaupun kedua motor ini masuk dalam kelas yang sama, namun untuk urusan mesin sedikit berbeda walaupun sama-sama SOHC. NMax menggunakan mesin 155cc 4 valve plus dengan VVA yang memberikan tenaga penuh di semua rentang rpm. Mesin ini mampu memberikan tenaga maksimal 15,1 HP pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm pada 6.000 rpm.
Mesin NMax dengan VVA
Mesin NMax dengan VVA
Sementara PCX baru menggendong mesin 150cc atau 149,3 cc 2 valve yang menyemburkan tenaga maksimal 14,7 HP pada 8.500 rpm dan torsi 13,2 N.m pada 6.500 rpm. Perbedaan tenaga ini memang terlihat dari tarikan NMax yang lebih nendang, walaupun PCX juga cukup responsif. tes adu kecepatan yang dilakukan oleh otomotif juga membuktikan bahwa NMax memang lebih powerful dibandingkan PCX. Baca jugaDites Lagi oleh Otomotif, Gantian Yamaha NMax yang Unggul atas All New PCX, Tapi Lebih Boros

Jadi untuk masalah performa, saya menjagokan NMax.

NMax 2 vs All New PCX 2

4. Safety

Baik NMax maupun PCX sudah memiliki piranti pengereman yang sangat baik. Keduanya sudah mengaplikasikan rem cakran di kedua rodanya. Kalau NMax sudah mencangkokkan fitur ABS dual channel (roda depan - belakang) untuk varian ABS, PCX masih menggunakan ABS single channel (hanya di roda depan) di varian ABS-nya.

Tapi PCX juga memiliki kelebihan di varian CBS dimana sudah mengaplikasikan system CBS yang membuat rem depan akan ikut berfungsi ketika tuas rem belakang di tarik. Ini akan sangat bermanfaat bagi yang tidak biasa menggunakan rem depan. Jadi saya anggap dari semua varian yang ada, baik PCX maupun NMax masing-masing memiliki kelebihan.

NMax 3 vs All New PCX 3

5. Kaki-kaki

Kaki-kaki selain mempengaruhi kegantengan motor juga akan berpengaruh pada handlingnya. PCX baru menggunakan velg depan berukuran 2.15 inci x14, dan belakang 3.50 inci x14 dengan ban bawaan berukuran 100/80-14 (depan) dan untuk belakang 120/80-14.
Ban PCX kurang gambot dikit
Ban PCX kurang gambot dikit
Sedangkan NMax memiliki kaki-kaki lebih kekar dengan velg depan 3.00 inci x13 dan 3.50 inci x13 di belakang. Ban yang dipasang juga lebih lebar, 110/70-13 untuk yang depan dan 130/70-13 untuk di belakang. Selain ukuran ban, suspensi belakang NMax (yang baru ya, bukan yang lawas) sudah menggunakan model tabung, sementara PCX masih tanpa tabung. Secara tampilan jelas shock tabung memiliki nilai lebih, lebih ganteng maksudnya hehe...

NMax 4 vs All New PCX 3

6. Handling

Kalau yang saya rasakan ketika menggunakan kedua motor ini, handling mirip-mirip. Semuanya sangat ringan dan enak buat miring-miring dan juga selap-selip. Beda ukuran velg dan ban ternyata tidak membuat handling keduanya berbeda jauh. Saya cukup percaya diri ketika mengajak NMax dan PCX ini untuk rebahan dikit di tikungan. So, agak susah untuk membedakan handling kedua motor ini. Skor imbang.

NMax 5 vs All New PCX 4

7. Kenyamanan

Posisi berkendara 2 motor ini sama-sama enak dan memiliki 2 riding position, yaitu rileks dengan kaki selonjoran serta posisi berkendara "normal". Riding posisiton juga pas, karena memang baik NMax dan PCX didesain dengan kenyamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan skutik di bawahnya. Jok keduanya juga sama-sama empuk, walaupun kalau ditekan sih memang sedikit empuk NMax tapi jok PCX juga tidak keras dan tidak bikin panas.
Untuk boncengan gini, All New PCX lebih pas
Untuk penumpang belakang, All New PCX lebih pas 
Sayangnya, ketika menjadi penumpang belakang jok bagian belakang NMax terasa terlalu lebar sehingga harus ngangkang. Berbeda dengan jok belakang PCX yang pas di hati eh... di paha dan kaki.

Getaran NMax yang cukup terasa di setang juga sedikit mengganggu kenyamanan, apalagi ketika idle. Namun getaran ini masih bisa ditolerir ya, tidak seperti Panther lawas hehe... Tarikan mesin juga sedikit lebih halus PCX, beda dengan NMax yang agak menghentak.

Kenyamanan PCX ketika melewati jalanan bergelombang juga terasa lebih baik dibandingkan NMax lawas, ingat NMax lawas. Redaman suspensi PCX bekerja sedikit lebih baik dan tidak terlalu keras. Kekurangan suspensi belakang NMax ini sudah diperbaiki di NMax terbaru yang sudah menggunakan shock tabung. Secara kenyamanan, baik All New PCX maupun NMax terbaru sudah hampir sama.

NMax 6 vs All New PCX 5

8. Akomodasi

Soal akomodasi juga sepertinya PCX lebih unggul. PCX lebih unggul di kapasitas tangki yang mencapai 8 liter atau unggul 1,4 liter dibanding NMax yang punya kapasitas 6.6 L.

Sementara untuk tempat penyimpanan depan, keduanya sama-sama hanya muat untuk benda-benda kecil seperti HP, botol air, dll. Namun laci depan PCX bisa ditutup sementara NMax terbuka. Bagasi PCX juga lebih besar dibandingkan NMax. NMax hanya memiliki bagasi berkapasitas 23 liter sementara PCX punya 25 liter. Keduanya bisa muat helm half/full face walaupun untuk NMax biasanya harus dibalik helmnya. Untuk akomodasi ini, jelas NMax harus mengakui keunggulan PCX.

NMax 6 vs All New PCX 6

9. Konsumsi BBM

All New Honda PCX 150 memiliki fitur lebih untuk membuatnya lebih irit, yaitu Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, mesin bisa otomatis mati ketika idle atau langsam selama 3 detik dan akan langsung menyala ketika selongsong gas diputar.

Jadi untuk konsumsi BBM, saya setuju dengan pengetesan tim Otomotif pada link di atas. NMax memang cenderung boros karena sepanjang 2 tahun saya pakai NMax, rata-rata konsumsi BBM adalah sekitar 36 - 39 km/liter. Padahal saya selalu menggunakan Pertamax Turbo Ron 98, tidak pernah BBM yang lain.

Sementara PCX, berdasarkan pengujian beberapa rekan blogger bisa mencapai 41 hingga 45 km/liter. Nah, ketika saya tes langsung, ternyata PCX mampu tembus 51 km/liter, gila irit bener. So, untuk efisiensi BBM, All New PCX jelas unggul. Irit khas Honda. Baca juga : City Rolling Bersama All New PCX, Konsumsi BBMnya Tembus 51 km/liter

NMax 6 vs All New PCX 7

Jadi kesimpulannya, antara All New PCX dan NMax memang beda tipis saja. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan walaupun secara overall memang All New PCX memiliki beberapa sisi yang lebih baik dibandingkan NMax. Untuk pilihan beli yang mana, kembali ke selera. Mau kencang dan sporty yang pilih NMax, kalau mau elegan, mewah dan penuh fitur ya pilih All New PCX.

Urusan harga juga tidak berbeda jauh kok. Namun kalau harga juga menjadi ukuran, sepertinya skor menjadi seimbang karena NMax dibanderol dengan harga 26,3 juta rupiah (Non ABS) dan 30,2 juta rupiah (ABS), sementara untuk All New PCX dibanderol dengan harga 27,7 juta rupiah (CBS) dan 30,7 juta rupiah (ABS). Semuanya OTR Jakarta. Jadi untuk harga, NMax memang sedikit lebih murah.

Kalau saya pribadi masih setia dengan yang ada sekarang. Belum ada piti buat upgrade soalnya wkwkwk...

1 comments:

  1. Wah... pilih pcx saja kalau begitu...

    ReplyDelete

Search