Home » » Raih Titel Juara Dunia Ke-6, Marquez Torehkan Beragam Rekor Baru. Masih Ragu Marquez Yang Terbaik Saat Ini?

Raih Titel Juara Dunia Ke-6, Marquez Torehkan Beragam Rekor Baru. Masih Ragu Marquez Yang Terbaik Saat Ini?

Marquez resmi menyandang gelar Juara Dunia MotoGP tahun 2017 setelah berhasil finish di posisi 3 MotoGP Valencia Minggu lalu. Gelar ini sekaligus melengkapi jumlah gelar juara dunia Marquez menjadi total 6 kali, termasuk kelas 125 cc (1 kali), 250cc (1 kali) dan MotoGP 4 kali.

Keberhasilan Marquez ini tentu saja menjadi catatan betapa hebatnya "bocah" dari Spanyol ini. Walaupun masih banyak yang meragukan kualitasnya, bahkan nyinyir masih lebih baik dibandingkan Rossi, Doohan, dll, namun kalau melihat fakta yang ada saat ini, mau tidak mau memang harus diakui kalau Marquez adalah pembalap terbaik saat ini.
Marquez merayakan titel ke-6
Marquez merayakan titel ke-6
Selain memang race skillnya di atas rata-rata, Marquez juga piawai dalam mengatur strategi selama race. Beberapa kali Marquez berhasil memenangkan race dengan strategi brillian, seperti ketika flag to flag, hingga manajemen ban yang jitu ketika race.

Nah, setelah menyandang gelar Juara Dunia MotoGP untuk keempat kalinya, ternyata Marquez juga menorehkan beberapa rekor baru yang bahkan diantaranya ada yang melampaui rekor idolanya sendiri, Valentino Rossi.

Apa sajakah rekor yang ditorehkan Marquez kali ini?
  1. Marquez kini menjadi pembalap termuda yang telah memenangi empat titel MotoGP dalam usia 24 tahun 254 hari. Rekor ini melewati rekor milik Mike Hailwood yang berhasil meraih titel ke-4 dalam usia 25 tahun 107 hari pada tahun 1965.
  2. Marquez menjadi pembalap termuda yang berhasil memenangi 6 titel dari seluruh kelas, 125cc/Moto3, 250cc/Moto2, dan 500cc/MotoGP. Marquez juga berhasil melewati rekor Rossi yang meraih titel ke-6 dalam usia 25 tahun 244 hari pada tahun 2004.
  3. Marc Marquez juga melewati rekor Jorge Lorenzo sebagai pembalap Spanyol tersukses di kelas MotoGP dengan 4 gelar juara.
  4. Marc Marquez menjadi pembalap Spanyol pertama yang mampu meraih dua kali gelar secara beruntun di kelas MotoGP yaitu pada 2013-2014 dan 2016-2017.
  5. Marc Marquez selalu berhasil memenangkan 3 perebutan gelar di seri terakhir. Marquez berhasil mengalahkan Nicolas Terol pada 2010 (125cc) dan Jorge Lorenzo di kelas MotoGP  pada tahun 2013.
  6. Marc Marquez masuk ke dalam jajaran pembalap yang telah berhasil memenangkan gelar terbanyak di kelas MotoGP/500cc. Marquez-pun sejajar dengan 4 pembalap lain, yaitu Geoff Duke, John Surtees, Mike Hailwood, dan Eddie Lawson dengan 5 gelar. Marquez hanya kalah dari Giacomo Agostini (8), Valentino Rossi (7), dan Mick Doohan (6). Dan saya juga yakin kalau Marquez akan berhasil melampaui rekor salah satu pembalap ini, tinggal tunggu waktu saja...
  7. Marc Marquez menjadi pembalap pertama yang berhasil meraih minimal 5 kemenangan dalam semusim di semua kelas (125cc/Moto3, 250cc/Moto2, dan 500cc/MotoGP) dalam delapan musim beruntun (2010-2017). Dia berhasil melewati rekor Mike Hailwood yang melakukannya tujuh tahun beruntun pada 1961-1967.
Selamat buat Marquez...yang jelas musim depan dipastikan akan lebih berat. Ada Dovizioso dan Lorenzo yang semakin kuat, juga Tim Yamaha yang pastinya tidak tinggal diam. Apalagi ada tim Suzuki yang kemungkinan besar akan mendapatkan konsesi penuh di musim depan...

0 comments:

Post a Comment

Search