Home » , , » Amazon Patenkan Drone Yang Bisa Nge-Charge Mobil Listrik

Amazon Patenkan Drone Yang Bisa Nge-Charge Mobil Listrik

Teknologi terus berkembang dan tidak akan bisa dibendung. Di dunia otomotif, mobil sedikit demi sedikit berkembang dari mobil berbahan bakar fosil menuju ke era mobil listrik, begitu juga dengan dunia fotografi dan transportasi udara. Kalau dulu untuk mengambil foto udara harus menggunakan helicopter, kini cukup menggunakan drone. Bahklan drone sudah dirancang untuk dipakai bepergian alias terbang naik drone.
Drone
Drone
Nah, berkembangnya mobil listrik di dunia rupanya cukup menarik perhatian Amazon. Raksasa Amerika ini telah mematenkan rancangan drone yang mampu mengisi alias ngecas mobil listrik ketika mobil sedang dikendarai. Pintar!
Paten Drone pengisi daya mobil listrik dari Amazon
Paten Drone pengisi daya mobil listrik dari Amazon


Ya, saat ini kelemahan mobil listrik adalah waktu pengisian kembali atau re-charge yang memakan waktu cukup lama, bisa 30 menit hingga beberapa jam. Tentu saja ini menjadi kekurangan besar jika dibandingkan dengan mobil bensin yang cukup 1 menit buat isi bensin :)

Bagaimana cara kerja drone ini?
Paten Drone pengisi daya mobil listrik dari Amazon
Sistem kerja Drone pengisi daya mobil listrik dari Amazon
Jadi nanti setelah drone ini "dipanggil" untuk mengisi daya, drone akan mendekati mobil yang dituju dan berkomunikasi secara nirkabel untuk menyamakan kecepatan. Kemudian drone akan melakukan "docking" di atas mobil yang sedang berjalan dan memberikan daya yang diperlukan.

Namun jelas masih ada masalah besar yang harus dihadapi drone ini. Yaitu, kemampuan drone membawa baterai yang cukup besar untuk mengisi daya mobil. Seperti kita ketahui, daya besar juga memerlukan penyimpanan atau aki yang besar, jadi apakah kuat drone membawa aki sebesar dan seberat itu? Lagian makin jauh drone terbang kan juga butuh daya yang besar juga?
Drone Amazon
Drone-nya harus jumbo juga
Ide dan paten ini memang sangat menarik dan layak untuk dilanjutkan, mungkin suatu hari nanti akan ada solusi untuk kapasitas aki ini. Namun, untuk kondisi darurat, mungkin dalam waktu dekat sudah bisa diimplementasikan. Lumayankan ketika habis baterai, ada drone yang bisa ngisi dimana saja dan kapan saja 😁

Paten Amazon ini sendiri telah didaftarkan tahun 2014 lalu namun baru disetujui bulan ini. Paten ini juga membawa rumor lain kalau Amazon akan mengembangkan mobil listrik sendiri... kita lihat saja nanti.

Sumber : TechRadar

0 comments:

Post a Comment

Search