Home » , » Selain Flyover Simpang Jam, Batam Akan Segera Miliki 4 Flyover Lain

Selain Flyover Simpang Jam, Batam Akan Segera Miliki 4 Flyover Lain

Saat ini, Batam masih mengebut pembangunan flyover atau jalan layang di Simpang Jam, dekat rumah sakit Awal Bros. Kalau dilihat progressnya sih, seharusnya sebentar lagi selesai karena sudah tersambung dan tinggal finishing saja sepertinya. Sementara kalau dari targetnya, November tahun ini sudah bisa difungsikan. Semoga saja bisa lebih cepat...

Pembangunan Flyover Simpang Jam Batam
Pembangunan Flyover Simpang Jam Batam (Pict : Dhani Restu)
Dan setelah Flyover Simpang Jam ini nantinya selesai, Batam akan membangun 4 Flyover lain. Pembangunan flyover ini akan dikerjakan di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang nantinya juga dibutuhkan untuk mewujudkan pembangunan jalan tol di kota Batam.
"Sudah ada Keppres-nya, akan dibangun jalan tol Batuampar-Bandara kemudian Simpang Kabil ke Mukakuning. Antara Bandara dengan Batuampar itu ada lima simpang, maka harus dibangun flyover di situ," kata Walikota Batam, Muhammad Rudi di Nagoya.
Selain Flyover Simpang Jam, keempat lokasi lainnya adalah Simpang Indomobil Baloi, Simpang Kabil, Simpang KDA, dan Simpang Telagapunggur. Saat ini Kementerian PUPR sedang membangun flyover di Simpang Jam dan akan dilanjutkan pembangunan flyover di Simpang Kabil tahun depan. Dari kelima flyover tersebut yang paling panjang nantinya adalah Flyover Simpang Kabil dengan panjang 430 meter. Berikut panjang kelima Flyover tersebut:
  1. Flyover Simpang Indomobil 150 meter
  2. Flyover Simpang Jam 165 meter
  3. Flyover Simpang Kabil 430 meter
  4. Flyover Simpang KDA 123 meter
  5. Flyover Simpang Telagapunggur 310 meter.
"Untuk yang tiga lagi, Kementerian yang tahu kapan akan dibangun. Ini masuk RPJMN Pak Jokowi juga," kata Walikota Batam.
Proses Pembangunan Flyover Simpang Jam
Proses Pembangunan Flyover Simpang Jam

Kenapa sih banyak flyover dibangun di Batam?

Ternyata, menurut perencanaan, jalan yang sudah ada saat ini akan dijadikan jalan bebas hambatan. Sedangkan jalan non tol akan dibangun jalan baru di kiri-kanannya sehingga titik-titik persimpangan tersebut harus dibangun flyover untuk jalan tol nantinya. Wuihhh... mantab!

Jalan tol di Batam yang akan dibangun memiliki panjang 25 kilometer antara Bandara dan Batuampar serta Mukakuning. Jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh antara Batuampar dan Bandara serta Mukakuning terutama untuk kegiatan industri.

Siippplah... ditunggu Pak!

0 comments:

Post a Comment

Search