Home » » Honda CBR1000RR Fireblade 2017 Mulai Dipasarkan di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Fiturnya

Honda CBR1000RR Fireblade 2017 Mulai Dipasarkan di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Fiturnya

Sebelumnya, PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memajang motor supersport ini di ajang IIMS 2017, April - Mei lalu. Honda CBR1000RR Fireblade ini dikembangkan dengan konsep Next Stage Total Control untuk menyempurnakan kemampuan bermanuver dalam berkendara. Motor ini mulai dipasarkan dengan harga yang menakjubkan. Yuk kita lihat apa saja kehebatan si Fireblade ini...
CBR1000RR Fireblade SP
Honda CBR1000RR Fireblade SP
Motor supersport ini memiliki dimensi yang lebih kompak dan ringan dibandingkan model sebelumnya. Mesin 1000cc terbaru memberikan tenaga maksimal 141kW di rpm 13.000, dengan torsi puncak 116Nm pada rpm 11.000. Fireblade baru ini juga dikembangkan dengan penyempurnaan power unit serta penyematan kontrol elektronik yang lebih canggih. Inilah salah satu contoh bedanya Fireblade lawas dan baru (tapi bukan versi 2017 ya, hanya sebagai perbandingan saja).
CBR1000RR Old vs New
CBR1000RR
Kalau di Jepang motor ini memiliki 3 pilihan varian, yaitu Standar, SP dan SP2. Sementara untuk di Indonesia, AHM memasarkan 2 pilihan Honda CBR1000RR Fireblade yaitu varian Standar dan SP. Namanya memang hanya sedikit berbeda, tetapi kedua motor ini memiliki karakter berbeda pada suspensi, rem, Quickshifter, Downshift Assist, dan penggunaan tangki bensin berbahan titanium yang membuat varian SP lebih ringan 1 kg. Nah banyak buanget kan...?
“Honda CBR1000RR Fireblade dan Honda CBR1000RR Fireblade SP hadir layaknya motor baru dengan suguhan update teknologi canggih yang akan menghadirkan kebanggaan berkendara tersendiri bagi pemiliknya. Konsep Next Stage Total Control memastikan berkendara menggunakan motor ini akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan karena pengendara benar-benar memegang kontrol penuh atas motor yang dikendarainya,” ujar Marketing Director AHM Thomas Wijaya.
CBR1000RR
CBR1000RR 
Beberapa fitur yang ada di CBR1000RR ini antara lain:
  • LED di semua bagian lampu
  • Tampilan display TFT full-colour liquid crystal seperti yang dimiliki Honda RC213V-S yang dapat menyesuaikan kondisi cahaya sekitar secara otomatis dengan 3 mode fitur; Street, Circuit dan Mechanic yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Sistem ABS baru
  • Mode riding 1 (FAST) memberikan tenaga maksimal, dengan respon throttle linear, Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan intervensi EB yang rendah, serta gaya redam yang tinggi. 
  • Mode 2 (FUN) mengontrol output dari gigi satu hingga gigi tiga, dengan peningkatan tenaga sedang, HSTC medium, EB yang bertenaga, dan gaya redam medium. 
  • Mode 3 (SAFE) mengontrol output dari gigi satu hingga gigi empat, peningkatan tenaga yang sedang, HSTC tinggi, EB yang bertenaga dan gaya redam rendah.
  • Handling CBR1000RR Fireblade 2017 lebih mumpuni berkat bobot motor yang telah berkurang menjadi 196 kg
  • Panjang wheelbase 1405mm dan tinggi tempat duduk 832mm untuk varian standar dan 834 untuk varian SP.
  • Suspensi depan Showa BPF inverted teleskopik sepanjang 43mm
  • Suspensi belakang menggunakan Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC) yang dapat diatur secara penuh. BFRC menggunakan desain dua tabung: damper case dan silinder internal, berbeda dengan tipe konvensional yang hanya satu tabung.
  • Kaliper rem depan Tokico 4-piston opposed radial terbaru yang sangat keras, lebih ringan 150g. Sementara Honda CBR1000RR Fireblade SP menggunakan Brembo 4-piston monoblok radial mount.  
  • Velg alumunium memiliki desain berbentuk lima Y dengan ban depan 120/70 R17 dan ban belakang 190/50 R17.
  • Acceleration Position Sensor (APS) throttle grip yang terintegrasi ke switchgear yang berada di setang kemudi kanan, yang juga tempat tombol engine start/stop. APS mengubah bukaan gas menjadi sinyal elektrik yang dikirim ke ECU, yang kemudian ditransmisikan sebagai sinyal aktuator ke motor TBW, sehingga menciptakan kontrol gas sesuai dengan bukaan gas.
  • Power Selector yang dapat diakses melalui Riding Mode Select System (RMSS). Sistem ini menawarkan 5 level karakter output. Level 1 memberikan output puncak di keseluruhan 6 gigi; Level 2 output dikontrol di setiap gigi untuk mencapai bukaan gas yang halus pada akselerasi maupun deselerasi; Level 5 memiliki kontrol output terkuat untuk respon gas di tingkat sedang. Semua level memiliki respon gas yang sama pada bukaan pertama.
Bagaimana dengan performa mesinnya?

Motor flagship Honda ini menggunakan mesin 999 cc, DOHC 4 silinder online yang memiliki tenaga puncak berada pada 141kW atau 192 PS di rpm 13.000, dengan torsi puncak 116 Nm pada rpm 11.000. Rasio kompresi cukup tinggi 13:1 dengan bore x stroke 76 x 55.1mm.
Mesin Honda CBR1000RR Fireblade
Mesin Honda CBR1000RR Fireblade
Knalpotnya menggunakan titanium irregular cross-section yang 2.8 kg lebih ringan dan meminimalkan perubahan pusat gravitasi; knalpot ini juga menghasilkan suara khas saat digeber karena dikembangkan khusus dari supplier knalpot dari tim Repsol Honda MotoGP dan menghasilkan desain 4-2-1 double-skinned downpipes yang mengagumkan.

Honda CBR1000RR Fireblade SP

Honda CBR1000RR Fireblade SP merupakan pionir dalam menggunakan suspensi depan dan belakang dari Öhlins S-EC: NIX30 sepanjang 43mm pada bagian depan dan suspensi belakang TTX36. Terdapat Suspension Control Unit (SCU) yang bertugas mengumpulkan informasi terkait kecepatan roda, rpm mesin, input pengereman serta sudut throttle dari FI-ECU sehingga mampu memberikan kompresi optimal dan gaya peredam selama berkendara normal, akselerasi keras, pengereman dan cornering, tergantung pada mode suspensi yang dipilih oleh pengendara. Canggih bener...
Honda CBR1000RR Fireblade SP
Honda CBR1000RR Fireblade SP
Selain itu, tangki BBM juga menggunakan bahan titanium kompak 16.2 L untuk model Honda CBR1000RR Fireblade SP. Tangki ini lebih ringan 1.3kg dibandingkan dengan model tangki standar dan berkontribusi pada pemusatan massa dan pengurangan momen inersia.

Ada juga fitur Quickshifter disematkan sebagai standar untuk menaikan gigi tanpa perlu menekan kopling serta fitur Assist Slipper Clutch.
Quickshifter Honda CBR1000RR Fireblade
Quickshifter Honda CBR1000RR Fireblade
Nah, kalau sudah melihat fitur dan spesifikasinya, sekarang baru kita cari tahu harganya. Dengan spesifikasi premium seperti ini, Honda CBR1000RR Fireblade varian standar ABS dibanderol dengan harga on the road (OTR) Rp 599.000.000. Motor ini tersedia dalam warna Victory Red saja.

Sementara untuk Honda CBR1000RR Fireblade SP hadir dengan warna Tri Color khas Honda dan dipasarkan dengan harga OTR Rp 699.000.000,- . Kedua motor ini hanya akan bisa kita temui di 10 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia. Yang jelas, di Batam tidak dijual hehe... Kalau di Batam bisa sih, tapi beli lewat Importir umum 😅

0 comments:

Post a Comment

Search