Home » , , » Byson dan Megapro, Dua Motor Sport yang Jualannya Mirip Moge, Susah Bener!

Byson dan Megapro, Dua Motor Sport yang Jualannya Mirip Moge, Susah Bener!

Dua Motor ini sempat menjadi andalan masing-masing pabrikan di jamannya. Bulan Januari 2011 lalu, penjualan Honda Megapro sempat mencapai angka sekitar 18 ribu unit dalam 1 bulan. Sementara untuk Yamaha Byson juga sempat mencatatkan penjualan yang sangat memuaskan dengan total sekitar 15 ribu di bulan Maret 2012.
Byson - Mega Pro
Byson - Mega Pro
Kedua motor memiliki kelebihan masing-masing sehingga bisa menjadi buruan konsumen. Yamaha Byson misalnya, dengan desain yang gagah, ban gambot dan shock depan mantab bisa menghilangkan kekurangannya sendiri, yaitu mesinnya yang "lemot". Byson juga sempat menjadi Bike of The Year 2011, dan membuktikan ke publik bahwa ia memang sangat dinantikan.

Untuk Megapro, desainnya juga tidak kalah gagah dengan riding position yang nyaman, walaupun banyak yang bilang shroud-nya kegedean, headlamp aneh dan bannya juga "cungkring". Namun performanya bisa dibilang jauh melebihi Byson sehingga banyak yang lebih memilih New Megapro dibandingkan Byson.

Tapi mungkin seperti halnya kehidupan yang bak roda, kadang di atas dan kadang di bawah (halah...). Saat ini kedua motor ini sedang memasuki "masa suramnya". Penjualan kedua motor ini seperti hanya pelengkap di kelas motor sport. Langkah Yamaha menyegarkan Byson dengan fitur fuel injection juga tidak mampu berbuat banyak.

Dari data AISI di tahun ini, penjualan Byson sepanjang Januari - Juni 2017 hanya mencapai 465 unit di seluruh Indonesia. Bahkan pada bulan Maret hanya laku sebanyak 25 unit dan makin hancur di April dimana hanya 9 unit terjual! Padahal di periode Januari - Juni 2016, Byson mampu terjual sebanyak 4.841 unit.

Hal yang sama juga terjadi pada Megapro. Penjualan bulan Januari - Juni 2017 hanya tembus sebanyak 1.883 unit. Ini motor Honda atau Suzuki sih, kok dikit amat?

Baca juga : Semester Pertama 2017, All New Honda CBR250RR Kuasai Pasar Motor Sport 250cc
Honda Mega Pro
Honda Mega Pro
Yups, memang masih lebih mendingan dibandingkan dengan Byson. Tapi tetap saja jualan motor sport kelas 150cc kok seperti jualan moge yang lakunya per bulan tidak sampai ribuan unit, bahkan 100 unit saja susah... duh!

Kalau menurut saya, konsumen sekarang sudah lebih pintar memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya, selain memang pilihan di kelas 150 cc sekarang juga banyak banget. Untuk yang ingin motor sport keren dan kenceng ada CB150R, Vixion dan GSX-S150, mau tampil keren di depan pacar dan ngebut di sirkuit ada CBR150R, All New R15 dan GSX-R150. Biasanya konsumen kelompok ini adalah yang masih mudah, di bawah 35 tahunan atau yang merasa masih muda.

Sementara bagi yang sudah merasa matang (kalau tidak mau disebut tua) sekarang malah ada lebih banyak pilihan, mulai dari sport 250cc yang lebih bergengsi, matik gambot, super gambot hingga motor serba guna seperti halnya Honda Verza. Sementara yang sport tanggung seperti Byson dan Megapro ini ya mulai tidak dilirik...

So, kalau memang hanya sebagai "pelengkap", IMHO sebaiknya disuntik mati saja. Kalau tidak di suntik mati ya wajib di buat All New-nya, jangan hanya facelift atau ganti warna doang... Apalagi buat Yamaha, sekalian saja buat motor sport baru yang serbaguna, seperti halnya Verza atau Honda Win hehe...

Eh kabarnya MegaPro memang akan disuntik mati, sementara Byson akan dibuat All New-nya... Menarik nih... Apakah Honda hanya akan mengandalkan Verza?

0 comments:

Post a Comment

Search