Home » , » Mitsubishi Expander, Gabungan Kenyamanan MPV dan Tangguhnya SUV

Mitsubishi Expander, Gabungan Kenyamanan MPV dan Tangguhnya SUV

Mitsubishi resmi memperkenalkan calon MPV terbarunya, Mitsubishi Expander hari ini (secara resmi disebut Mitsubishi Xpander). Sudah sekian lama, Mitsubishi tidak lagi menghadirkan kelas low MPV di Indonesia. Terakhir ada Mitsubishi Maven yang merupakan kembaran Suzuki APV, Mitsubishi Grandis dan juga Mitsubishi Kuda yang semuanya tidak mampu bersaing dengan kompetitor.

Sebenarnya Mitsubishi beberapa waktu lalu juga meluncurkan mobil MPVnya, yaitu Mitsubishi Delica. Namun, disamping juga kurang mampu berbicara banyak, MPV Delica juga kelasnya bukanlah low MPV karena harganya yang di atas 400 juta rupiah.
Launching Mitsubishi Expander (Pict : Dapurpacu)
Launching Mitsubishi Expander (Pict : Dapurpacu)
Nah, mungkin setelah melihat cukup suksesnya Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang bisa bersiang dengan Avanza dan Xenia, Mitsubishi kembali tertarik untuk terjun ke pasar paling gemuk di Indonesia ini. Per hari, ini Mitsubishi Expander resmi diperkenalkan ke publik lewat media.
Mitsubishi Expander
Mitsubishi Xpander
Menurut press release dari Mitsubishi, Expander merupakan "gabungan" dari sebuah MPV dengan desain SUV. Bahkan Mitsubishi menyebut Xpander dengan Crossover MPV! Kenyamanan dan leganya sebuah MPV 3 row (7 seater) dengan bagasi yang luas dipadukan dengan desain sebuah SUV yang gagah, tangguh dan powerful dengan ground clearance 205 mm, tertinggi di kelasnya. Berikut ini perbandingan ground clearance dari MPV yang dipasarkan di Indonesia.
  1. Toyota Avanza 200 mm
  2. Toyota Innova 200 mm
  3. Suzuki Ertiga 185 mm
  4. Honda Mobilio 189 mm
  5. Daihatsu Xenia 200 mm
  6. Nissan Grand Livina 185 mm
  7. Chevrolet Spin 157 mm
  8. Honda Freed 185 mm
  9. Mitsubishi Xpander 205 mm
Sebagai perbandingan, mari kita lihar ground clearance dari SUV yang ada di Indonesia :
  1. Toyota Rush 200 mm
  2. Honda BRV 201 mm
  3. Mazda CX-5 215 mm
  4. Honda CR-V 170 mm
  5. Nissan X-Trail 210 mm
Jelas sekali bukan bagaimana ground clearance Xpander memang mirip dengan SUV?

Selain desain ala SUV, kenyamanan dari sebuah MPV juga turut hadir di Xpander? Stir mobil sudah lengkap dengan kontrol audio, kemudian juga ada tombol start-stop untuk menghidupkan mesin dan seharusnya juga sudah keyless entry. Sementara di varian paling tinggi, perangkat entertaiment juga sudah memakai layar sentuh di bagian tengah dashboard.
Dashboard Mitsubishi Expander
Dashboard Mitsubishi Xpander
Head Unit Mitsubishi Expander
Head Unit Mitsubishi Xpander
Lubang AC Mitsubishi Expander
Lubang AC Mitsubishi Xpander
Tuas Transmisi Mitsubishi Expander (P-R-N-D-2-L)
Tuas Transmisi Mitsubishi Xpander (P-R-N-D-2-L)
Kenyamanan lain yang ditawarkan Mitsubishi sesuai dengan press release juga hadir dalam bentuk lebar body yang lebih luas dibandingkan MPV sejenis, bagasi yang luas, banyaknya rak penyimpanan minuman (cup holder) dan juga baris ketiga yang cukup lega.

Interior Mitsubishi Expander
Interior Mitsubishi Expander
So, buat kompetitor sepertinya memang harus memperhitungkan gebrakan Mitsubishi ini. Datang belakangan otomatis mempunyai senjata pamungkas yang tidak dimiliki pemain lawas. Bersiaplah Ertiga, Mobilio, dkk :)


Pict : Dapurpacu.com


0 comments:

Post a Comment

Search