Home » , , , » Merasakan Sensasi Balapan Gokart di Sirkuit Marina Batam, Asli Nagih Banget!

Merasakan Sensasi Balapan Gokart di Sirkuit Marina Batam, Asli Nagih Banget!

Sore itu, saya dan juga beberapa rekan Keprimotoblog dan juga Blogger Kepri diberi kesempatan oleh Pak Arthur dan Pak Doz (makasih ya Pak...) sebagai pengelola Sirkuit Gokart Marina City untuk mencoba bagaimana rasanya bermain Gokart di sirkuit. Terus terang, ini merupakan pengalaman pertama kali bagi saya ikut balapan Gokart itu, walaupun hanya sebatas fun race tapi di sirkuit gokart beneran.
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Sebenarnya saya sudah pernah merasakan Sirkuit Marina yang terletak di daerah Marina, Sekupang ini, namun bukan naik Gokart, melainkan test ride Yamaha Aerox beberapa waktu lalu bersama Yamaha Alfa Scorpii Batam. Jadi sedikit banyak saya tahu bagaimana kondisi Sirkuit Marina ini hehe... menurut saya sih T2 dan T5 yang paling sulit.

Sekilas Tentang Sirkuit Gokart Marina City

Sirkuit Gokart Marina City ini sendiri memiliki panjang 900 meter dimana panjang track ini hampir memenuhi standar sirkuit gokart yang berkisar 1100-1500 meter. Sirkuit ini berdiri atau dibuka kembali setelah lama tidak dipakai pada 6 Februari 2016 atas gagasan Pak Oke Junjunan dan Pak Jeffry Ibrahim.
  • Pimpinan Marina Circuit : Doz Kartikomas
  • Manager marketing/operational : Arthur Pattinaja
  • Owner marina circuit : Oke Junjunan & Jeffry Ibrahim
Sirkuit Gokart Marina City
Sirkuit Gokart Marina City
Marina Circuit ini dibuka bukan semata-mata urusan bisnis belaka, melainkan juga sebagai sarana hiburan umum bagi masyarakat Kepri, khususnya Batam, sebagai ebagai wadah penyaluran hobby, pencarian dan pengembangan bibit muda berbakat di bidang otomotif/balapan serta membantu pemerintah untuk meningkatkan pamor pariwisata kota Batam. Sirkuit Gokart ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap, antara lain:
  1. 12 unit gokart rental (gokart standar)
  2. 4 unit gokart racing yang juga bisa disewa
  3. Transponder yang sudah tepasang tiap gokart rental, tv monitor untuk mengetahui best time, kecepatan speed gokart dan jumlah lap. 
  4. Print Out dari setiap race
  5. Jaket / helem
  6. Lobby dengan kapasitas pengunjung 200pax
  7. Caffe 
  8. Pit shoop ( spare parts,baju racing/kaos dll)
  9. Toilet pria/wanita
  10. Tribun penonton
  11. Mushola ( on progres)
  12. Workshop dan storage
Lengkap bukan...? Tinggal gas aja kalau sudah kesini hehe...
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Tinggal gazzz...
Beberapa event juga sudah digelar Sirkuit ini sejak dibuka, antara lain :
  • Night fun race gokart antar komunitas roda 4
  • Fun race gokart kategori umum
  • Bukber fun race umum (pada bulan puasa)
  • Open Kepri road race supporting even gokart racing challenge
  • Time attack fun race roda 4
  • Family fun race gokart racing
Sementara untuk event paling dekat kedepannya adalah gelaran Fun Race kategori umum pada tanggal 17 Agustus 2017 serta even “Go Batam” fun race karting yang akan diikuti oleh peserta dari Batam dan juga luar kota.

Yuk Race...

Sebelum fun race dimulai, kami mendapatkan sedikit briefing tentang Sirkuit Marina dan tentang Gokart itu sendiri. Intinya sih hampir sama dengan mengendarai mobil otomatis, hanya saja walaupun sama-sama memiliki 2 pedal, tetapi kedua kaki kita tetap harus bekerja, kaki kiri untuk rem dan kaki kanan untuk ngegas...
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Briefing dari Pak Yos dan Pak Arthur
Bagi pemula seperti kami, wajib hukumnya menggunakan safety gear yang telah disediakan, yaitu helm dan juga jaket. Lap pertama kami gunakan untuk mengenal sirkuit dan gokartnya sendiri, ya bisa dibilang warm up lap kalau di MotoGP, baru kemudian fun race sesungguhnya dimulai. Begitu bendera start dikibarkan langsung coba injak gas mentok... loh kok nggak ada jambakan jinnya? Hehe... jelas saja, lha wong mesin sekecil itu kok mengharapkan jambakan jin ala 4G63T atau 4G92Mivec wkwkwk...
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Ayo kejar...
Lap demi lap saya lalui tanpa terasa kalau waktu sudah mau habis, maklum masih banyak blogger lain yang nungguin hehe... Total 6 lap saya lalui dengan catatan waktu terbaik saya ada di lap 5 dengan waktu 1 menit 6,588 detik, cukup jauh dari Bro Andi yang meraih podium 1. Wuasyem... mungkin pake turbo kali dia 😆
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Laptime saya nomor 4, duh...
Yups, enaknya main gokart di Marina ini, di setiap Gokart ada transpondernya bro, jadi kita bisa lihat laptime kita seberapa, kecepatan kita berapa dan informasi-informasi lainnya. Rata-rata yang sudah jago sih di sekitaran 1 menit kurang. Kalau sudah lihat laptime kita, jadi tertantang nih buat memperbaiki catatan waktu...

Bener-bener nagih nih...

Nah bagi masbro semua yang tertarik untuk main gokart di Marina Circuit, mau ngebut beneran boleh, fun race juga boleh, atau bawa motor buat ngebut di sirkuit ini juga boleh kok... Nih, saya kasih peta jika belum tahu dimana Sirkuit Marina ini berada...



Biayanyapun tidak mahal, bahkan terbilang jauh lebih murah kalau kita bandingkan dengan main gokart di Singapura yang mencapai puluhan dolar per 10 menit.

Untuk bermain gokart di Marina, cukup dengan membayar 125.000 rupiah untuk Senin - Kamis atau 175.000 rupiah untuk hari Jumat - Minggu dan Hari Libur Nasional. Semua tarif ini berlaku untuk 10 menit pemakaian gokart. Jangan salah lho, main gokart 10 menit itu capek minta ampun, pegel-pegel juga ternyata... Tapiiii... untuk warga Batam dan sekitarnya, jika kita datang sendiri tanpa sopir taksi atau ikut travel (intinya tanpa perantara gitu), kita cuma bayar 100.000 rupiah saja per 10 menit, murah kan...

Eh...ternyata masih ada promo lainnya lho, yaitu :
  • Pelajar dan mahasiswa Rp.100.000/10menit (membawa kartu)
  • Happy hour weekday Rp. 80,000/10 menit ( pukul 17:00 )
  • Happy hour weekend Rp. 100,000/ 10 menit
Nah, selain gokart standar, Sirkuit Marina ini juga menyewakan rental gokart racing dengan biaya 500.000 rupiah per 10 menit.
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Balapan sama temen gini nih yang seru
Masih ada lagi nih, selain main gokart, kita juga bisa sewa sirkuit ini baik untuk balapan roda 2, cornering, balapan roda 4, ngedrift, dll dengan biaya :
  1. Sewa circuit kendaraan roda 2
    • 100cc – 150cc Rp. 100.000/ 3jam
    • 250cc Rp. 150.000/ 3jam
  2. Sewa circuit kendaraan roda 4 Rp. 200.000/ 3jam
  3. Sewa circuit untuk umum (kontrak)
    • Weekday Rp. 8.000.000
    • Weekend Rp. 10.000.000
Lengkap kan... buruan deh coba Gokart di Marina Circuit ini, pasti ketagihan hehe...
Gokart Seru di Marina Circuit Batam
Engine... start, Broom!

4 comments:

Search