Home » » Marquez : Ketatnya MotoGP Musim Ini Bisa Jadi Karena ECU Tunggal

Marquez : Ketatnya MotoGP Musim Ini Bisa Jadi Karena ECU Tunggal

Hingga seri ke-9 MotoGP Musim 2017 ini atau setelah separuh musim, Marc Marquez dari Honda semenetara memimpin klasemen MotoGP 2017. Marquez memimpin dengan poin 129, diikuti oleh Vinales dengan 124 poin dan Dovizioso 123 poin.
Marquez pimpin klasemen sementara MotoGP 2017 setelah seri 9
Marquez pimpin klasemen sementara MotoGP 2017 setelah seri 9
Klasemen sementara MotoGP 2017 setelah seri ke-9 di Sachsenring Jerman :
  1. Marc MARQUEZ 129 poin
  2. Maverick VI√ĎALES 124 poin
  3. Andrea DOVIZIOSO 123 poin
  4. Valentino ROSSI 119 poin
  5. Dani PEDROSA 103 poin
  6. Johann ZARCO 84 poin
  7. Jonas FOLGER 71 poin
  8. Danilo PETRUCCI 66 poin
  9. Jorge LORENZO 65 poin
  10. Cal CRUTCHLOW 64 poin
  11. Alvaro BAUTISTA 44 poin
  12. Jack MILLER 41 poin
  13. Scott REDDING 33 poin
  14. Aleix ESPARGARO 32 poin
  15. Loris BAZ 31 poin
  16. Andrea IANNONE 28 poin
  17. Tito RABAT 23 poin
  18. Hector BARBERA 21 poin
  19. Karel ABRAHAM 20 poin
  20. Pol ESPARGARO 14 poin
Dari klasemen sementara tersebut, terlihat bahwa persaingan untuk menjadi juara dunia sangatlah ketat di musim ini. Posisi 1 hingga 5 hanya terpaut sejumlah 26 poin, bahkan hanya terpaut 6 poin anatar posisi pertama dan ketiga.
Vinales cukup mendominasi di awal, tapi agak kendor di pertengahan musim
Vinales cukup mendominasi di awal, tapi agak kendor di pertengahan musim
Menurut Marquez, salah satu sebab ketatnya persaingan di paruh musim pertama MotoGP 2017, adalah akibat dari masing-masing rider memiliki kemampuan yang hampir sama. Selain itu juga penggunaan ECU tunggal untuk setiap motor yang mengikuti ajang MotoGP.
"Tahun ini sangat ketat, jauh berbeda ketika saya pertama kali balapan di MotoGP 2013. Bisa saja ini pengaruh penggunaan ECU tunggal yang membantu mempersempit perbedaan meskipun motornya berbeda-beda. Saya lihat performa antara motor pabrikan dan tim satelit sangat imbang, sehingga bagi pebalap yang tidak dibekali perlengkapan dari pabrikan tapi memiliki kemapuan dengan motor resmi," ungkap Marquez.
Masih menurut Marquez, dengan adanya persaingan yang ketat di MotoGP musim ini akan sangat bagus, sehingga tim dan pebalap harus bekerja keras untuk memenangkan balapan. Sedangkan bagi dirinya, Marquez beranggapan bahwa ia masih bermasalah dengan penggunaan ban saat ini.
"Saya pikir itu hal yang bagus, tapi kami masih punya masalah pada ban, sehingga setiap balapan kami harus melakukan perubahan yang banyak," kata Marquez.
Sementara itu, menurut Crutchlow, pembalap Honda di tim LCR Honda mengatakan bahwa Marquez akan menjadi juara dunia MotoGP tahun ini. Ia tidak kaget bahwa Marquez bisa memimpin klasemen sementara di tengah musim ini.
"Ia adalah pembalap terbaik di kejuaraan ini. Pembalap yang memimpin kejuaraan sekarang, akan memenangkan kejuaraan (tahun ini)," ungkap Crutchlow.
Kita tunggu saja ya... jangan lupakan Dovizioso yang juga cukup kuat di musim ini, apalagi ada Vinales dan Mbah Rossi yang juga bersemangat untuk juara di tahun ini...

0 comments:

Post a Comment

Search