Home » , , » Data AISI Juni 2017 : Walaupun Honda Masih Dominan, Tetapi...

Data AISI Juni 2017 : Walaupun Honda Masih Dominan, Tetapi...

Melihat data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) bulan Juni 2017, dipastikan semua pabrikan mengalami penurunan penjualan. Secara total, penurunan penjualan ini mencapai lebih dari 152 ribu unit atau sekitar 29%.
Selisih Penjualan Motor Mei - Juni 2017
Selisih Penjualan Motor Mei - Juni 2017
Kalau melihat data sebelumnya, bulan Mei 2017, penjualan motor di Indonesia terlihat naik drastis dari bulan April 2017. Bahkan, di bulan Mei lalu merupakan penjualan bulanan terbanyak sepanjang tahun 2017.
Data Penjualan Motor 2017
Data Penjualan Motor 2017
Setahu saya belum ada survey atau data valid mengenai penurunan menjelang lebaran seperti ini. Namun bisa jadi memang pembelian motor menjadi prioritas kesekian di saat lebaran, karena tentunya banyak yang memprioritaskan biaya untuk mudik lebaran.
  • Mei 2017 --> Sebelum lebaran, penjualan motor naik karena akan dipakai untuk mudik
  • Juni 2017 --> Menjelang lebaran, penjualan motor turun karena prioritas untuk biaya mudik (motor sudah baru, tinggal biaya lain-lain)
  • Juni 2017 --> Mungkin penjualan motor akan naik lagi hehe... atau malah turun karena duit sudah habis wkwkwk...
Okelah itu hanya analisa ngawur dari saya... sekarang kita kembali saja ke data AISI.

Secara penjualan, semua pabrikan mengalami penurunan, tetapi perlu dita lihat lebih detail dimana walaupun Honda masih sangat dominan disini, namun sudah berkurang jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dan kompetitor terkuat disini, yaitu Yamaha justru mengalami kenaikan market share di bulan Juni, dari sekitar 23% di Mei menjadi hampir 28% di Juni 2017. 
Market Share Motor Mei 2017
Market Share Motor Mei 2017
Ini berarti sedikit alarm buat Honda kalau masih ingin terus dominan di pasar Indonesia. Pergerakan Yamaha yang cukup thas thes atau agresif dengan mengeluarkan banyak model yang menjadi first mover ternyata cukup berhasil. Dengan hadirnya Aerox, Nmax dan XMax menjadikan market share Yamaha naik sekitar 5%.
Market Share Motor Juni 2017
Market Share Motor Juni 2017
Kemudian kalau kita lihat market share Suzuki dan Kawasaki, ternyata juga sudah berubah dimana 2 bulan terakhir market share Suzuki juga sudah naik menjadi nomor 3 di bawah Yamaha. Kehadiran GSX series juga sukses mendongkrak penjualan Suzuki di Indonesia. Menarik sekali apakah Suzuki benar-benar bangkit di tahun ini, apalagi jika GSX-R250 dan V-Strom 250...

Kita lihat juga pergerakan Honda, apakah bisa segera melokalkan PCX150 serta menghadirkan metik gambot 250cc dan juga motor dual purpose 150cc?

0 comments:

Post a Comment

Search