Home » , » Mulai Hari Ini, GoJek, Wakjek dan Grab Stop Beroperasi di Batam. Ada Apa?

Mulai Hari Ini, GoJek, Wakjek dan Grab Stop Beroperasi di Batam. Ada Apa?

Per hari ini, Kamis 1 Juni 2017, bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila (nggak ada hubungannya sih), seluruh angkutan online di Batam stop atau berhenti beroperasi, termasuk Gojek, Grab, Wakjek dan layanan transportasi online lainnya seperti Uber dan Indotiki. Baca: Perkenalkan Wak-Jek, Ojek Online Pertama di Batam.
Demo Driver Gojek Batam
Loh-loh, ada apa ya? Bukankah layanan transportasi online tersebut sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan transportasi murah dan aman? Dan juga ini menjelang Hari Raya Lebaran lho, apa tidak kasihan dengan para drivernya?
Demo Driver Gojek Batam
Sebelum men-judge dan menerka apa yang terjadi, ada baiknya kita simak dulu Surat yang dilayangkan oleh Dinas Perhubungan Kota Batam kepada semua perusahaan jasa transportasi online di Kota Batam. Surat ini ditandatangani oleh Yusfa Hendri selaku Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam dengan nomor 220/AKTN/2017.

Sehubungan telah beroperasinya beberapa perusahaan penyedia jasa aplikasi angkutan online di Kota Batam, dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek pasal 19, 25, 26, 27, 30, 51 dan pasal 52, diatur ketentuan bahwa:
    • Perusahaan penyedia jasa aplikasi berbasis teknologi infomasi yang memfasilitasi dalam pemberian pelayanan angkutan orang wajib bekerjasama dengan perusahaan angkutan umum yang telah memiliki izin penyelenggaraan angkutan, dan perusahaan penyedia jasa aplikasi tersebut dilarang bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum.
    • Perusahaan penyedia jasa aplikasi yang akan bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum, wajib memiliki Izin Angkutan Sewa Khusus dan memenuhi ketentuan persyaratan sebagaimana diatur dalam pasal 19.
  2. Perusahaan Penyedia jasa aplikasi angkutan online yang beroperasi di Kota Batam wajib memiliki dokumen perizinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Memperhatikan ketentuan sebagaimana dimaksud pada poin 1 dan 2 di atas, maka kami meminta Saudara untuk MENGHENTIKAN SEMENTARA operasional usaha terhitung mulai tanggal 1 Juni 2017 sampai dengan terpenuhinya persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan yang berlaku.
Surat Kadishub Batam untuk Gojek dkk
Surat tersebut merupakan follow up dari protes yang diajukan oleh ojek pangkalan terhadap ojek online di Kota Batam. Dan menurut Yusfa, seperti yang saya kutip dari Tribunnews Batam, setelah dilakukan pengecekan kepada semua angkutan online di Batam, operator ojek online tidak dapat memperlihatkan dokumen perizinan usaha dan ijin operasi di wilayah Kota Batam atau Provinsi Kepri. Operator ojek online hanya bisa menunjukan izin dari pusat. Nah loh... piye iki?

Dan dari Surat tersebut juga jelas bahwa ini hanya berlaku sementara, hingga pihak operator melengkapi dokumen perijinan di Kota Batam/Kepri. Jika Ijin sudah lengkap bakalan segera beroperasi kembali, dan ini tergantung masing-masing operator. Jika gerak cepat, mungkin dalam waktu 1 minggu sudah lengkap dokumen perijinannya.

Bagaimana nasib para driver saat operator belum melengkapi ijinnya? Masih menurut kadishub Batam, para driver masih boleh beroperasi karena yang di-stop adalah operatornya. Tapi tetap dengan syarat, para driver boleh beroperasi "ngojek" asalkan tidak menggunakan aplikasi online dan juga menanggalkan atributnya. Jadi mirip ojek pangkalanlah sementara... atau kalau mau kreatif sih bisa saja pasang status atau "iklan" di facebook dengan bisa order by Whatssapp atau SMS. Iya kan...?
Aplikasi Wak-Jek
Memang sih, tidak akan semudah menggunakan aplikasi. Tapi ya bagaimana lagi? Ini adalah aturan yang harus diikuti oleh operator angkutan online. Kalau operator peduli dengan driver dan karyawannya, pasti akan segera mengurus perijinan secepat-cepatnya.

Semoga segera selesai masalahnya ya... kan semuanya juga diuntungkan nantinya, baik driver maupun konsumen. Enak lho pesan makanan pakai ojek online... operator dapat pemasukan, sementara driver juga dapat orderan hehe 😊

Update : Gojek, Grab dan angkutan online lainnya saat ini sudah beroperasi kembali


0 comments:

Post a Comment

Search