Home » , , » Suzuki Ignis, Urban SUV Mungil nan Irit Resmi Mengaspal di Batam

Suzuki Ignis, Urban SUV Mungil nan Irit Resmi Mengaspal di Batam

Suzuki Ignis diluncurkan secara secara nasional pada tanggal 17 April lalu. Untuk harga Jakarta, Ignis dibanderol dengan harga 139,5 juta rupiah untuk tipe terendah hingga 169,5 juta rupiah untuk tipe tertinggi.
Launching Suzuki Ignis di Batam
Sementara untuk kota Batam dan juga serentak di 35 kota lainnya di Indonesia,Suzuki Ignis baru diluncurkan kemarin, bertepatan dengan hari Kartini 21 April 2017. Bertempat di Suzuki Indomobil Batam Baloi, secara meriah Suzuki Ignis akhirnya mengaspal di jalanan kota Batam.

Nah, secara resmi Suzuki memasukkan Ignis dalam genre SUV (Sport Utility Vehicle) yang didefinisikan sebagai Urban SUV yang kompak dan stylish. Mengusung struktur bodi Total Effective Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platforrn baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel memungkinkan IGNIS tetap handal digunakan di jalanan offroad.
Ban 175/65 R15
Sesuai dengan namanya, Urban SUV, Suzuki Ignis dibekali dengan air intake setinggi 700 mm atau 0,7 meter. Cukup tinggi untuk melahap jalanan Batam yang akhir-akhir ini sering banjir, hiks... Namun, SUV yang sering disebut sebagai mobil boros tidak berlaku untuk Ignis. Suzuki Ignis telah melalui tes jalan yang dilakukan oleh BT2MP-BPPT dengan hasil konsumsi BBM sebesar 23,64 km/liter untuk transmisi manual dan 23,44 liter untuk transmisi otomatis. Gile bener... 👍👍👍
Press Conference Launching Ignis di Indomobil Batam
"Suzuki IGNIS adalah pilihan terbaik bagi para pengendara yang memerlukan kendaraan yang stylish, modern namun tetap menyuguhkan keiritan bahan bakar yang mencapai 23,44 km/liter. Dengan hadirnya Suzuki IGNIS di hadapan masyarakat Indonesia, diharapkan dapat memberikan warna baru di dunia otomotif Indonesia," ungkap Setiawan Surya selaku 4W Deputy Managing Director PT. SIS. 
Beda dikit ya antara yang manual dan otomatis? Yups...

Hal ini dikarenakan Suzuki Ignis varian otomatis menggunakan tipe AGS (Auto gear Shift), mirip dengan Karimun Wagon R AGS. Jadi bukannya model torque converter seperti Yaris atau CVT-nya Honda Jazz baru ya...
Transmisi AGS Suzuki
Transmisi AGS adalah transmisi jenis Automated Manual Transmission (AMT). Girboks dan kopling sama dengan mobil manual, namun, mekanisme kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik. Transmisi ini memberikan sensasi transmisi manual namun dengan kaki kiri yang bebas capek. Karena mirip dengan transmisi manual, otomatis konsumsi BBM juga tidak jauh dibandingkan dengan yang manual.

Sebenarnya transmisi AMT atau AGS ini sudah lama lho ada di Indonesia . Sebelum Karimun Wagon R dan Ignis, mobil Alfa Romeo 156 Selespeed tahun 2000 juga sudah menggunakan AMT. Selain itu, Smartfortwo dan Proton Savvy juga menggunakan transmisi model ini.

OK, balik ke Ignis...
Lampu depan LED Projector
Suzuki Ignis hadir dengan mesin K12M 1.200cc (1.197cc) DOHC 4 silinder VVT yang terbuat dari aluminium. Mesin ringan ini mampu memberikan tenaga 83 ps (81,8 hp) @6.000 rpm dan torsi 113 Nm @4.200 rpm.

Untuk memberikan pilihan bagi konsumen, Ignis hadir dengan 2 trim yaitu GL dan GX. Untuk perbedaan antara tipe GL dan GX bisa dicek di artikel berikut :
Bagaimana dengan harganya?

Sesuai dengan bocoran sebelumnya di sini, berikut harga untuk Suzuki Ignis di Batam :
  • Suzuki Ignis GL M/T = Rp. 138.000.000
  • Suzuki Ignis GX M/T = Rp. 155.000.000
  • Suzuki Ignis GX A/T (AGS) = Rp. 163.000.000
Jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Jakarta, terutama untuk tipe tertinggi, mantab Suzuki Indomobil Batam! Untuk review lengkapnya... sabar ya 👌😊
Interior Ignis GX
Dashboard-nya keren yak... 😍

Rapi euy...

1 comments:

Search