Home » , , » Cara Mudah Setting Shift Light di Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150

Cara Mudah Setting Shift Light di Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150

City Rolling menggunakan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 keliling kota Batam ternyata lumayan irit. Sejauh kurang lebih 70 km, indikator bahan bakar hanya berkurang 1 strip. Ini motor sport 150 cc, DOHC overbore lho... kok bisa irit?
Cuma berkurang 1 strip
Ternyata, GSX-R150 yang saya pakai sudah disetting shift light-nya untuk menyala di rpm 5.000. Pantesan, kok di atas 5.000 rpm, shift light nyala terus, jadinya naik gigi deh... 😂

Fitur shift light sendiri merupakan fitur standar GSX-R150 dan GSX-S150 yang juga lebih dulu hadir di Satria F150 FI. Fitur ini berfungsi untuk mengingatkan rider kapan saatnya pindah gigi. Kalau mau irit bisa di sekitar 5.000 rpm, kalau mau optimal bisa di sekitar power atau torsi maksimalnya. Power maksimal GSX hadir di 10.500 rpm, sementara torsi puncak didapatkan di 9.000 rpm. Jadi di setting di 9.000 hingga 10.500 rpm akan membuat perpindahan gigi paling optimal.
Shift Light disetting di 5.000 rpm
Lantas bagaimana cara setting shift light ini agar sesuai dengan yang kita inginkan? Mudah banget kok. Berikut caranya :
  1. Posisikan Switch Knob pada posisi ON (boleh ON saja atau mesin hidup)
  2. Tekan dan tahan tombol SEL (sekitar 3 detik) sampai angka odometer menghilang
  3. Tekan tombol ADJ, sehingga muncul simbol petir dan LED indikator RPM menyala, saat di posisi ini, ada 3 kemungkinan yang bisa dipilih (dengan menekan tombol ADJ) :
    • LED indikator RPM hidup dan ada simbol petir --> shift light berfungsi dengan lampu indikator hidup terus ketika di atas RPM tertentu
    • LED indikator RPM blinking (berkedip) dan ada simbol petir  --> shift light berfungsi dengan lampu indikator kedip-kedip
    • LED indikator RPM mati dan simbol petir hilang  --> shift light tidak berfungsi
  4. Setelah itu, tekan tombol SEL, sehingga masuk ke setting RPM, bar RPM bisa disetting mulai dari 3.000 hingga 11.500 rpm.
  5. Tekan Tombol ADJ beberapa kali untuk mensetting RPM yang diinginkan
  6. Tekan Tombol SEL untuk meng-confirm RPM yang diinginkan, dan proses setting shift light selesai
Agar lebih mudah, berikut ini saya buatkan video settingnya. Mudah dan cepat...

0 comments:

Post a Comment

Search