Home » , , » All New Yamaha Vixion dan Yamaha Vixion R Meluncur di IIMS 2017, Apa Bedanya?

All New Yamaha Vixion dan Yamaha Vixion R Meluncur di IIMS 2017, Apa Bedanya?

Kemarin sore, Yamaha resmi meluncurkan dua motor barunya, All New Yamaha Vixion dan All New Yamaha Vixion R. Kedua motor ini sangat mirip dari segi desainnya, seperti halnya yang tertangkap kamera beberapa waktu lalu di sebuah POM bensin dan juga di jalanan sekitar Jakarta. Silakan baca 3 artikel di bawah ini untuk spyshot New Vixion ini.
All New Vixion vs All New Vixion R
Nah, walaupun kedua motor ini terlihat mirip, namun sebenarnya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling mendasar ada di bagian mesinnya. Berikut  ini adalah perbedaan antara New Vixion dan New Vixion R :
  1. Mesin
    • All New Vixion R menggunakan mesin yang sama dengan All New R15, yaitu 155 cc, SOHC 4 klep + VVA dengan tenaga maksimal 19,3 PS dan torsi maksimal 14,7 Nm. Transmisi juga sama dengan All New R15, yaitu 6 percepatan. Jadi bisa dibilang All New Vixion R ini adalah versi telanjang dari All New R15, tapi dengan desain body ALl New Vixion.
    • All New Vixion masih menggunakan mesin lawas, 150 cc, SOHC 4 klep tanpa VVA dengan tenaga 16,4 hp dan torsi 14,5 Nm. Untuk transmisinya masih sama dengan Vixion lawas (NVA), yaitu 5 percepatan.
    • Kedua mesin sama-sama dipersenjatai dengan Assist & Slipper Clutch yang membuat perpindahaan gigi lebih cepat dan uenak 😊
  2. Arm Belakang
    • Arm belakang All New Vixion R menggunakan arm All New R15, alias alumunium banana arm
    • Sementara Arm belakang All New Vixion  "hanya" menggunakan arm kotak biasa
  3. Warna Cover Mesin
    • Cover mesin All New Vixion R dibalut dengan warna hitam, sementara All New Vixion menggunakan warna gold untuk cover mesinnya
  4. Velg dan Ban
    • Velg All New Vixion R menggunakan desain velg yang sama dengan All New YZF R15 (model palang Y), sementara velg All New Vixion model bintang.
    • Ban belakang juga berbeda, All New Vixion menggunakan ban 120/70-17, sementara All New Vixion R ban belakangnya setingkat lebih lebar, yaitu 130/70-17.
  5. Knalpot/muffler
    • Desain muffler kedua motor ini sedikit berbeda, di mana muffler All New Vixion R lebih pendek dibandingkan dengan All New Vixion yang masih mirip dengan NVA.
  6. Kick Starter
    • All New Vixion R minus kick starter, sementara All New Vixion masih dibekali dengan kick starter.
  7. Wheelbase
    • Perbedaan ini emang tidak nampak, tapi cukup berpengaruh terhadap handling. Wheelbase All New Vixion R lebih panjang 25 mm dibandingkan All New Vixion.
  8. Berat Motor
    • Berat All New Vixion R lebih ringan 1 kg dibandingkan All New Vixion (131 kg vs 132 kg)
  9. Harga
    • Nah, soal harga baru All New Vixion yang sudah dibanderol harganya, yaitu 26 juta rupiah, sementara All New Vixion R masih belum dirilis harganya. Yang jelas lebih mahal dong 😆
Beberapa perbedaan All New Vixion R dan All New Vixion  (pict : indomoto)
Namun, entah kenapa tidak ada Vixion S seperti halnya Aerox 155, mungkin untuk next varian kali ya? Boleh dong berkhayal nanti keluar All New Vixion S dengan mesin 155 cc + VVA, Assist & Slipper Clutch dan juga suspensi upside down hehehe...


0 comments:

Post a Comment

Search