Home » , , , » Wow... Kendaraan FTZ di Batam Akan Menggunakan Plat Warna Hijau!

Wow... Kendaraan FTZ di Batam Akan Menggunakan Plat Warna Hijau!

Selama ini, Batam sudah menerapkan fasilitas FTZ (Free Trade Zone) sehingga barang yang masuk ke Batam tidak lagi dikenakan pajak PPN maupun PPnBM serta bea masuk lainnya. Termasuk dengan kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil dimana kendaraan FTZ ditandai dengan huruf X, Z dan V di plat nomornya.
Mobil-mobil mewah dengan harga "murah" sangat mudah kita jumpai di Batam. Kemacetan-pun setiap hari menjadi santapan pengguna jalan terutama di jam-jam sibuk di pagi dan sore hari.
Mobil plat Z (fasilitas FTZ)
Nah, mungkin untuk memudahkan pengawasan terhadap mobil-mobil dengan fasilitas FTZ tersebut, baru-baru ini Direktorat Lalulintas Polda Kepulauan Riau tengah menggodok aturan baru dengan menerapkan penggunaan tanda nomor kendaraan (Plat nomor) bermotor berwarna hijau dengan tulisan hitam bagi kendaraan dengan fasilitas “free trade zone” (FTZ). Weleh... apa tidak susah nanti dibaca tuh, warna hitam dan hijau (apalagi hijau tua) akan susah terbaca dari jauh, apalagi jika malam hari...
“Warna platnya akan dibedakan. Warna hijau untuk kendaraan bermotor roda dua dan mobil dengan fasilitas FTZ. Kami masih akan koordinasikan dengan Korlantas Mabes Polri, namun untuk sosialisasi di Kepri terutama Pulau Batam belum dilakukan,” kata Direktur Lalulintas Polda Kepri, Kombes Pol Asep Akbar Himawa di Batam, seperti dikutip dari ANTARA.
Mobil plat X (fasilitas FTZ)
Jika aturan ini benar-benar diterapkan, berarti plat nomor di batam akan berwarna-warni. Ada plat hitam, hijau, kuning, merah, putih, dll.
  • Plat dasar hitam dengan tulisan putih adalah kendaraan pribadi non FTZ
  • Plat hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan dengan fasilitas FTZ
  • Plat kuning dengan tulisan hitam untuk kendaraan angkutan umum
  • Plat merah dengan tulisan putih untuk kendaraan milik pemerintah
  • Plat putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan milik negara lain yang beroperasi di Indonesia
  • Plat putih dengan tulisan merah untuk kendaraan yang diantarkan dari pabrik ke dealer atau dari dealer ke tempat pembeli
  • Plat hitam dengan tulisan putih serta terdiri dari lima angka dan kode angka negara yang dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian untuk kendaraan bermotor staf operasional korps diplomatik negara asing.
Semoga aturannya jelas dan tidak menyusahkan warga Batam, termasuk saya. Lha piye jal... mobil dan motor di rumah pakai fasilitas FTZ semua hehe...

0 comments:

Post a Comment

Search