Home » , , , » Uji Tabrak, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Raih 4 Bintang

Uji Tabrak, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Raih 4 Bintang

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah selesai menjalani uji tabrak di fasilitas crash test AseanCAP. Kedua mobil LCGC kembar ini berhasil meraih hasil sama, 4 bintang untuk kategori perlindungan penumpang dewasa (Adult Occupant Projection = AOP).
Hasil uji tabrak Toyota Calya

Untuk Daihatsu Sigra sebenarnya mendapatkan 2 hasil yang berbeda untuk AOP, yaitu 4 bintang dan 1 bintang. Hal tersebut adalah karena Sigra yang dites juga ada 2 macam. Untuk Sigra dengan dual airbag mendapatkan skor AOP 4 bintang, sementara Sigra tanpa airbag hanya mendapatkan skor AOP 1 bintang.
Hasil Uji Tabrak Sigra dengan Airbag

Hasil Uji Tabrak Sigra tanpa Airbag
Namun, untuk perlindungan anak kecil (Child Occupant Protection = COP), terlihat bahwa antara Calya dan Sigra mendapatkan skor yang berbeda, Calya 4 bintang, sedangkan Sigra hanya mendapatkan skor 2 bintang. Kok bisa beda ya?

Perbedaan hasil ini disebabkan oleh fitur keselamatan yang berbeda di antara Calya dan Sigra. Pada bangku baris kedua, Toyota Calya menggunakan fitur ISOFIX yang menjaga posisi child seat tidak berubah. Sedangkan fitur ISOFIX ini tidak terdapat pada Daihatsu Sigra.
Fitur ISOFIX pada Mobil
Dengan hasil ini, maka baik Calya maupun Sigra mempunyai tingkat keselamatan yang setara dengan Toyota Avanza dan Xenia dimana, untuk karegori AOP, Avanza dan Xenia juga meraih 4 bintang.

0 comments:

Post a Comment

Search