Home » , , » Toyota Keluarkan Yaris Sedan dan Vios Hatchback, Tukaran Nama?

Toyota Keluarkan Yaris Sedan dan Vios Hatchback, Tukaran Nama?

Bikin bingung bukan membaca judul di atas? Saya juga hehe...

Di Indonesia, Toyota Yaris identik dengan hatchback sementara Toyota Vios identik dengan sedan. Tidak perlu menyebut bahwa Yaris itu hatchback, semua orang sudah tahu bahwa Yaris itu tidak punya buntut, begitu pula dengan Vios.
Toyota Yaris L Hatchback di China
Toyota Vios di Cina saat ini
Namun, berbeda dengan di Cina. Sekitar tiga tahun yang lalu, Toyota memperkenalkan mobil Vios Sedan dan Yaris Hatchback, mirip seperti di Indonesia. Namun, kali ini kita akan dibuat bingung karena Toyota Cina baru saja memperkenalkan Toyota Yaris Sedan dan Vios Hatchback... Lho?

Inilah Toyota Yaris Sedan yang baru diperkenalkan di Cina :
Toyota Yaris L Sedan di China
Secara sekilas, terlihat bahwa mobil ini agak mirip dengan Yaris L yang diperkenalkan bulan April lalu di Cina. Tetap menggunakan kumis walaupun tidak setebal Yaris L hatchback hehe...
Toyota Yaris L Sedan di China - Belakang
Toyota Yaris L Sedan di China - Depan/Belakang
Bagaimana dengan Toyota Vios? Selang beberapa hari setelah memperkenalkan Yaris Sedan, Toyota juga memperkenalkan Vios Hatchback di Cina. Vios Hatchback ini dinamakan Toyota Vios 3. Ini wujud Vios 3 aka Vios Hatchback tersebut.
Toyota Vios Hatchback di China
Toyota Vios Hatchback di China - Belakang


Terlihat bahwa Vios hatchback juga tidak berbeda jauh dengan Vios Sedan yang ada di Cina saat ini.
Untuk dapur pacunya sendiri, Toyota diperkirakan akan tetap mempertahankan mesin yang lama. Vios hatchback akan dibekali mesin Dual VVT-i dengan kapasitas mesin 1,3 liter, sementara sedan Yaris L dengan kapasitas mesin 1,5 liter. Tenaganya 99 hp untuk mesin 1,3 liter dan 107 hp untuk mesin 1,5 liter dan disalurkan ke roda dengan transmisi manual 5 speed atau CVT.

Nah bagaimana menurut masbro & sis semua? Apakah Yaris Sedan dan Vios hatchback layak untuk dibawa ke Indonesia. IMHO, kalau saya sih... mending tidak usah deh :)

4 comments:

  1. bingung ntar...
    kenapa nggak kayak jazz dijepang aja ya? Honda Fit untuk hatchback, Fit Shuttle buat hatchback diperpanjang dan Honda Fit Aria buat hatchback berbuntut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya...
      Tapi Toyota memang kadang nyentrik untuk pemilihan nama... dulu juga ada Corolla, Corona, dan Crown yg artinya juga sama

      Delete

Search