Home » , » Resmi Dilaunching dengan Harga 117 Juta Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Renault Kwid

Resmi Dilaunching dengan Harga 117 Juta Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Renault Kwid

Pabrikan Perancis, Renault menggebrak pasar mobil di Indonesia dengan meluncurkan mobil barunya Renault Kwid. Mobil ini didatangkan dari India untuk bermain di pasar yang selama ini dihuni oleh mobil-mobil LCGC seperti Datsun Go, Toyota Agya dan Ayla serta Brio Satya.
Launching Renault Kwid di Jakarta
Di India, Renault Kwid termasuk mobil yang diminati, bahkan penjualan di bulan Agustus lalu mencapai lebih dari 10 ribu unit.
Nah, di Indonesia, walaupun bukan masuk mobil LCGC karena masih impor, Renault Kwid dibanderol dengan harga yang selevel dengan mobil LCGC. Kwid dibanderol cukup murah, hanya 117,7 juta rupiah OTR Jakarta.

Memang apa saja sih kelebihan mobil ini dibandingkan dengan mobil LCGC lain, sehingga kita bisa mempertimbangkan untuk membawa pulang ke rumah? Mari kita lihat...

Kelebihan Renault Kwid
  1. SUV Look. Jelas, mobil ini bukanlah city car layaknya Agya dan Ayla. Renault Kwid lebih terlihat sebagai sebuah mini SUV atau crossover. 
  2. Ground clearance yang cukup tinggi, mencapai 180 mm. Bisa kita bandingkan dengan Datsun Go misalnya yang "hanya" 170 mm.
  3. Fitur HU yang lengkap dengan navigasi dan bluetooth, Touch Screen 7 inci serta adanya port aux dan USB.
  4. Speedometer digital yang lengkap dengan MID
  5. AC yang dilengkapi dengan heater, mana ada mobil "murah" di Indonesia yang dilengkapi heater
  6. Power window untuk pintu depan
  7. Central lock dan airbag di bagian pengemudi
  8. Lengkap dengan Remote keyless entry yang tidak perlu colok-colok kunci untuk menghidupkan mobil
Airbag di sisi pengemudi
HU 7 inci touch screen

Namun, disamping beberapa kelebihan di atas, ada beberapa hal yang saya rasa merupakan sedikit kekurangan dari Renault Kwid ini.

Kekurangan Renault Kwid
  1. Velg. Ya, velg berukuran 13 inci terlihat sangat mungil untuk mobil bergenre crossover. Seandainya velgnya 15 atau minimal 14 inci, tentu akan terlihat lebih gagah :)
  2. Baut velg. Ini nih yang nantinya membuat puyeng para pemilik Kwid. Dengan baut 3 pada velg, tentu akan menyulitkan saat mencari velg alternatif.
  3. Airbag. Selainmenjadi kelebihan Kwid, Airbag ternyata menjadi salah satu keekurangannya. Airbag pada Kwid hanya ada pada sisis pengemudi, padahal kompetitor sudah banyak yang menyematkan dual airbag di bagian depan.
  4. Tanpa ABS. Sebenarnya fitur ini memang belum begitu familiar dengan mobil LCGC. Namun seandainya Kwid dilengkapi dengan ABS, tentu menjadi nilai tambah, walaupun harganya mungkin sedikit naik
  5. Power window hanya di bagian depan. Ini juga menjadi salah satu kekurangan. Kasihan kan penumpang belakang harus ngengkol ketika membuka dan menutup kaca jendela :D
  6. Defogger dan wiper belakang. Ya, Kwid tidak dilengkapi dengan 2 fitur ini. Cukup disayangkan...
Lihat baut rodanya, hanya 3 buah
Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Renault Kwid. Tentu saja tidak ada produk yang sempurna,apalagi dengan harga "hanya" 117 juta rupiah. Namun, kehadiran Kwid tentu saja membawa warna baru di pasar mobil murah setelah discontinue-nya KIA Morning.



2 comments:

  1. Tampilan sudah gagah tapi pas lihat kebawah, kaki-kakinya tidak segagah bodynya ya mungkin ini efek dari banderol yang dipasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu yang paling menonjol untuk kekurangannya... terlalu cungkring untuk mobil crossover, walau crossover mini kalau pakai velg diameter 15 pasti jauh lebih keren

      Delete

Search