Home » , , » Honda Mobilio Hanya Mendapatkan 0 Bintang dalam Uji Tabrak!

Honda Mobilio Hanya Mendapatkan 0 Bintang dalam Uji Tabrak!

Di Indonesia, selain Avanza dan Xenia (serta Ertiga), Honda mobilio terbilang sangat laris. Sebagai tulang punggung penjualan Honda di Indonesia, Mobilio dilengkapi dengan berbagai piranti keselamatan untuk bisa bersaing dengan MPV dari pabrikan lain. Beberapa piranti keselamatan penting yang disematkan ke Mobilio antara lain dual SRS airbag, ABS dan EBD, Side Impact Beam, rangka G CON+ACE, Seatbelt dengan pretensioner, dan juga pedestrian protector.
Mobilio vs Avanza
Namun, dengan segudang fitur keselamatan tersebut, apakah Mobilio aman saat diuji tabrak (crash test)?

Global NCAP (Global New Car Car Assessment Program), lembaga yang bertugas menguji mobil-mobil baru telah merilis hasil pengetesan untuk Honda Mobilio yang dipasarkan di India. Ingat ya, Mobilio yang dipasarkan di India! Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Mobilio hanya mendapatkan skor 0 bintang untuk uji tabrak ini. Bagaimana bisa?
Uji Tabrak Mobilio India
Ternyata Mobilio yang mendapatkan skor 0 bintang adalah Mobilio varian terendah yang dijual di India, dimana tidak terdapat airbag baik pada sisi pengemudi maupun penumpamng depan. Menurut Marketing and Aftersales Service Directot HPM, Jonfis Fandy, Mobilio yang dipasarkan di India mempunyai struktur body yang sama dengan di Indonesia. Hanya saja piranti keselamatan yang ada berbeda, sehingga hasil uji tabraknya juga berbeda.
"Mobilio buatan India beda dengan Mobilio ASEAN. Strukturnya sama, ada G-Con (G-Force Control) dan Advance Compatibility Engineering (ACE) juga, tapi perlengkapannya berbeda. Di Indonesia enggak ada yang tak pakai airbag, kalau negara lain saya enggak yakin. Jadi berbeda, meski dari segi platform-nya sama," ucap Jonfis.
Hasil Uji Tabrak Mobilio Tanpa Airbag - 0 Bintang
Namun, selain Mobilio varian terendah, Global NCAP juga menguji Mobilio varian lain yang sudah dilengkapi dengan dual airbag. Hasilnya, hanya 3 bintang. Cukup baik, walaupun tetap kurang memuaskan mengingat Avanza dan Ertiga saja bisa mendapatkan 4 bintang dalam uji tabrak AseaNCAP. Sementara BRV malah 5 bintang di AseaNCAP. Bahkan Toyota Agya juga mendapatkan 4 bintang!
Hasil Uji Tabrak Mobilio Dengan 2 Airbag - 3 Bintang
Yaelah... ASEANCAP dan Global NCAP jelas beda dong. Benar sekali! Memang berbeda walaupun tidak banyak berbeda, tapi yang saya takutkan, bagaimana jika nanti hasilnya sama saja? Karena setahu saya Mobilio belum pernah diuji tabrak oleh ASEANCAP.

Sebagai tambahan berikut beberapa perbedaan antara ASEANCAP, EUROCAP dan lainnya :

Wah semoga saja, bisa diimprove ya hasilnya. At least bisa 4 bintang untuk Mobilio yang menggunakan airbag.



0 comments:

Post a Comment

Search