Home » , , » Yamaha NMax vs Honda PCX : PCX Semakin Jauh Ketinggalan

Yamaha NMax vs Honda PCX : PCX Semakin Jauh Ketinggalan

Honda boleh berbangga dengan total penjualan motor secara nasional yang sangat dominan dan meninggalkan jauh para pesaingnya. Namun tidak semua segmen motor dikuasai oleh Honda, salah satunya adalah segmen motor metik "premium" yang saat ini dihuni oleh Honda PCX dan Yamaha NMax -- Suzuki Burgman tidak usah disebut ya :)
Yamaha NMax vs Honda PCX
Saat ini status Honda PCX memang masih CBU alias impor utuh dari Vietnam, sementara NMax merupakan rakitan Indonesia. Jadi secara pajak dan tentu saja harga jual pasti berbeda. Harga PCX hampir menyentuh angka 40 juta rupiah sementara NMax "hanya" sekitar 24 juta rupiah untuk yang Non ABS.

Kemudian dari segi performance bisa dibilang PCX juga jauh ketinggalan. Lihat saja data spesifikasi power dan torsinya. Yamaha NMax dengan VVA-nya mempunyai power 14,7 hp pada 8.000 rpm, dengan torsi puncak 14,4 Nm diputaran 6.000 rpm, sementara Honda PCX "hanya" 12,9 hp pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm. Jelas di atas kertas, Yamaha NMax akan unggul jauh dari sisi performa.
NMAX Bike of The Year 2016
Mungkin Honda PCX hanya bisa unggul dari sisi fitur, dimana banyak sekali fitur yang disematkan pada metik bongsor ini. PCX dilengkapi dengan teknologi eSP (enchanced smart power), ACG starter, Idling Stop System, dan radiator. Ditambah lagi dengan fitur-fitur lain semacam Combi Brake System (CBS), alarm, kunci kontak bermagnet, charger HP, Inteligence Low Friction, desain kipas turbo dan juga laci di bagian depan. Cukup banyak dibandingkan dengan NMax :)

Ya, walaupun mungkin PCX penuh dnegan fitur-fitur khas Honda, namun karena harganya jauh lebih murah maka NMax kini menjadi salah satu primadona di Indonesia. Walaupun terkenal dengan shock super kerasnya, penjualan NMax tetap laris manis. Pesona metik gambot nan premium menjadi salah satu poin penting disini, apalagi dengan performa yang nendang abiss... :)

Selama tahun 2016, penjualan NMax jauh meninggalkan PCX. Bahkan kalau disajikan dalam grafik, data penjualan PCX hampir tidak terlihat. Berikut ini adalah tabel beserta grafiknya dari bulan Januari hingga Agustus 2016. Maaf untuk bulan Juni, saya tidak bisa menemukan datanya, mungkin masbro ada yang punya datanya?
Data Penjualan NMax tahun 2016
Tabel Penjualan NMax selama tahun 2016
Bisa dibilang penjualan NMax terus mengalami peningkatan, kecuali untuk bulan Juli 2016 dimana semua model baik motor maupun mobil mengalami penurunan penjualan.

Kalau sudah begini, apa masih yakin Honda tidak akan turun di pasar ini? :D

1 comments:

Search