Home » » Fakta Menarik Seputar MotoGP dari Sirkuit Aragon Spanyol

Fakta Menarik Seputar MotoGP dari Sirkuit Aragon Spanyol

Sirkuit Aragon merupakan salah satu sirkuit dari 4 sirkuit di Spanyol yang menggelar MotoGP di tahun ini. Untuk di musim ini, Aragon akan menggelar seri ke 14 pada hari Minggu besok, 25 September 2016.
Sirkuit Aragon
Ada beberapa data dan fakta menarik yang bisa kita gali seputar MotoGP yang diselenggarakan di Aragon ini. Mari kita bahas satu per satu.
  1. Sirkuit ini mulai digunakan untuk menggelar MotoGP pada tahun 2010 lalu, sehingga di tahun ini merupakan kali ke-7 secara berturut-turut.
  2. Sirkuit Aragon sebenarnya mempunyai nama lengkap Sirkuit MotorLand Aragon yang berlokasi di tenggara kota Zaragoza, atau 247 km barat daya Barcelona.
  3. Siapa desainer sirkuit ini? Jawabannya adalah arsitek ternama Jerman Hermann Tilke yang juga kabarnya akan mendesain sirkuit MotoGP di Sentul dan Jakabaring Palembang. Tilke mendesain lay out sirkut beserta fasilitasnya dengan panjang 5.077 meter dan 17 tikungan.
  4. Data Teknis Sirkuit Aragon :
    • Panjang 5,1 km
    • Lebar lintasan 15 m
    • Jumlah tikungan 17 (10 ke kiri, 7 ke kanan)
    • Lintasan lurus terpanjang 968 m
    • Race MotoGP 23 putaran
    • Total jarak tempuh 116,8 km
  5. Casey Stoner merupakan pembalap pertama yang memenangkan balapan MotoGP Aragon saat menunggangi Ducati pada 2010. Tiga musim berikutnya balapan menjadi milik Honda serta pada dua musim terakhir menjadi milik Yamaha
  6. Pembalap Spanyol mencatat sukses di semua kelas saat balapan di sirkuit ini. Pembalap non-Spanyol yang mampu meraih sukses di sirkuit ini adalah Casey Stoner (MotoGP 2010 dan 2011), Andrea Iannone (Moto2 2010), dan Romano Fenati (Moto3 2014)
  7. Posisi finis terbaik Valentino Rossi di MotoGP Aragon "hanyalah"dua kali podium ketiga pada 2013 dan 2015 dimana semuanya menggunakan motor Yamaha
  8. Pembalap paling sukses di Aragon sejak 2010 adalah Jorge Lorenzo, isusul Casey Stoner dan Marc Marquez. Dan sejak tahun itu pula, Marc Marquez menjadi pembalap dengan pole position terbanyak disusul Jorge Lorenzo
  9. Di kelas MotoGP, Valentino Rossi belum pernah menang hanya di 2 sirkuit, yaitu di Austin dan Aragon!
Wah, nomor 9 sayang sekali nih. Apakah besok Rossi mampu mematahkan "kutukan" di sirkuit ini? Bisa saja kalau melihat beberapa balapan terakhir, dimana Rossi terlihat lebih kuat dibandingkan Lorenzo dan Marquez. Tapi yang namanya balapan ya who knows...? :)



0 comments:

Post a Comment

Search