Home » , » Perkenalkan Ruili DoDa V8, Kloningan Toyota Alphard Dari China

Perkenalkan Ruili DoDa V8, Kloningan Toyota Alphard Dari China

Sudah tahu kan kalau di China banyak sekali barang tiruan? Mulai dari HP, Motor, Mobil bahkan mungkin pesawat! Nah, kalau yang ini mungkin pabrikan Toyota yang kebagian sialnya. Perusahaan automotif BAIC Ruili, yang berbasis di Yunnan, China "berhasil" membuat kloningan Toyota Alphard terbaru. Anak perusahaan Beijing Auto Industry Corporation (BAIC) atau lebih dikenal sebagai 'Beijing Auto' itu memberinya nama ‘Ruili DoDa V8’. Doda adalah nama merek dan V8 nama tipe, bukan mesinnya ya :D
Ruili Doda V8
Menurut CarNewsChina, tidak seperti Toyota Alphard yang menggunakan mesin v6 3,5 liter dengan tenaga 275 hp, Doda V8 ini "hanya" menggunakan mesin bensin Mitsubishi empat silinder berkapasitas 2,4 liter yang mampu melontarkan daya maksimal 165 hp. Kok kebanyakan kloningan mobil China pakai mesin Mitsu ya? Ada yang tahu sebabnya?


Dimensi DoDa V8 dan Alphard-pun ternyata tidak jauh berbeda. DoDa V8 memiliki panjang 4.900 milimeter, lebar 1.830 mm, tinggi 1.890 mm, dan jarak sumbu roda 2.950 mm. Sedangkan panjang Alphard sekira 4.925 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.890 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

Di bagian interior, BAIC Ruili melengkapi DoDa V8 dengan head unit layar sentuh berdimensi besar dan aksen kayu pada lingkar kemudi. Sebenarnya hampir sama sih dengan Alphard gen 2 (CMIIW).

Ketika Doda V8 mulai dijual, itu kabarnya akan harga lebih tinggi dari Joylong Aifei yang merupakan kloningan Toyota Alphard generasi sebelumnya. Diharapkan mobil ini akan sampai kepada pasar Cina pada kuartal keempat tahun ini. Weleh...



0 comments:

Post a Comment

Search