Home » , » Pabrik Suzuki di Malaysia Tutup, Bagaimana dengan Suzuki Indonesia?

Pabrik Suzuki di Malaysia Tutup, Bagaimana dengan Suzuki Indonesia?

Kabar kurang menyenangkan datang dari negeri tetangga, Malaysia. Pabrikan motor berlambang huruf S ini menyatakan akan menutup pabriknya yang berada di Prai, Penang. Hal ini diberitakan oleh media Paultan.org, blog otomotif ternama di Malaysia. Ingat ya, hanya pabriknya saja yang tutup!

Suzuki Satria FI Black Predator

Saat ini, pabrik Suzuki ini merakit motor-motor dengan kubikasi kecil, kurang dari 150 cc seperti Suzuki Address, Nex, Axelo dan juga Belang. Kemudian menurut Nikkei Asian Review, dibandingkan dengan tahun 2013 produksi Suzuki di Malaysia juga turun jauh hingga setengahnya di tahun 2015 menjadi sekitar 8.000 unit saja.

Suzuki Malaysia kedepannya akan berkonsentrasi pada produk dengan kapasitas mesin besar yang akan diimpor langsung dari Jepang. Jadi mungkin untuk motor berkubikasi kecil akan didatangkan langsung dari negara tetangga seperti Indonesia misalnya.

Nah, ini kan terjadi di negara tetangga, Malaysia. Bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia sendiri, penjualan motor Suzuki juga tidak terbilang besar. Rata-rata, setiap bulan penjualannya selalu di posisi keempat di bawah Honda, Yamaha dan Kawasaki. Bisa dibilang, Suzuki roda dua di Indonesia juga megap-megap. Tahu sendiri kan, banyak dealer motor Suzuki yang tutup?

Salah satu Dealer Suzuki yang tutup
Beruntungnya, Suzuki di Indonesia tidak hanya jualan motor, tetapi juga mobil yang terbilang bagus penjualannya, terutama dengan hadirnya Ertiga di Indonesia. Jadi mungkin masih bisa ditopang operasionalnya. Walaupun mungkin hal ini akan menjadi bom waktu bagi Suzuki.

Disaat pabrikan lain sudah mengeluarkan banyak variannya, Suzuki masih menganak-emaskan Satria yang penjualannya juga tidak terlalu bagus. Motor model lain? Entahlah nasibnya...

Mau ngeluarin model baru juga pastinya dipikir-pikir ulang oleh Suzuki, lha wong Suzuki Satria Injeksi yang spek "dewa" gitu saja yang beli sedikit, gimana mau ngeluarin model baru lain? Iya kan? Makanya dibeli dong motor Suzuki, biar laris, model baru banyak, dealer nggak jadi tutup, pabrik bertambah besar, lapangan kerja bertambah, nggak jadi deh tutup pabriknya hehe :)

So, semoga Suzuki di Indonesia terutama bagian roda duanya mempunyai jalan keluar yang jitu. Kalau tidak alarm kuning nih buat Suzuki Indonesia. Jangan sampai deh, pabriknya di Indonesia ikutan tutup...


0 comments:

Post a Comment

Search