Home » , , » RAESR Tachyon Speed, Hypercar Electric 1250HP Dari Negeri Paman Sam

RAESR Tachyon Speed, Hypercar Electric 1250HP Dari Negeri Paman Sam

Bicara tentang hypercar listrik, mungkin kita akan langsung tertuju pada Rimac Concept One, hypercar listrik buatan RIMAC Automobili dari Kroasia. Yups, Rimac pernah mempermalukan Ferrari LaFerrari dan Porsche 918 dalam sebuah drag. Rimac Concept One memang cukup fenomenal dengan tenaga dan torsinya yang dahsyat mencapai 1.088 HP dan 1.600 Nm.

Rimac Concept One
Rimac Concept One
Memang untuk urusan drag race, supercar atau hypercar listrik memiliki torsi instan yang super besar sehingga tarikan awalnya akan ngacir-sengacir-ngacirnya, walaupun biasanya dalam jarak yang jauh tetap akan disalip oleh hypercar konvensional berbahan bakar fosil.

Selain Rimac, kita juga pasti pernah mendengar konsep hypercar listrik lainnya seperti Lamborghini Terzo Millennio, Faraday Future Zero1, atau bahkan konsep hypercar listrik dari Singapura, Dendrobium.

Sementara itu di Amerika saat ini juga sedang dikembangkan hypercar listrik lainnya. Bukan Tesla Model S P100D yang memiliki tenaga 760 HP yang snaggup mengalahkan supercar Eropa, melainkan Tachyon Speed.
RAESR Tachyon Speed
RAESR Tachyon Speed
Memang namanya Tachyon, karena nama tachyon merupakan partikel hipotetis yang selalu bergerak lebih cepat dari pada cahaya. Tachyon Speed ​​adalah hypercar all-electric baru yang telah dikembangkan sejak musim panas 2012. Mobil ini dikembangkan oleh Rice Advanced Engineering Systems and Research (RAESR) yang berbasis di California Selatan.

Secara spesifikasi di atas kertas, hypercar ini sungguh luar biasa. Dipersenjatai dengan enam motor listrik yang menghasilkan output gabungan lebih dari 1.250 HP dan torsi instan yang luar biasa sebesar 3.650 pound-feet (4.948 Nm), yups 4.948 Nm. Bukan lagi jambakan maut yang dirasakan pastinya, tapi jambakan setan sekita berakselerasi. Bobotnya hanya 1.338 kg karena menggunakan bahan serat karbon untuk body-nya yang membuat koefisien dragnya 0,39.
Tampak Belakang RAESR Tachyon Speed Concept
Tampak Belakang RAESR Tachyon Speed Concept
RAESR mengklaim bahwa mobil ini akan memiliki akselerasi 0-60 mph (0-96 kph) dalam waktu kurang dari 3 detik dan 0-120 mph (0-193 kph) dalam waktu kurang dari 7 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 240 mph (386 kpj) dengan rem karbon kemarik untuk menghentikan laju mobil ini. Kalau melihat top speednya, memang masih kalah jauh dibandingkan Veyron, Chiron ataupun Agera RS, yaahhh... khas mobil listrik yang seperti kurang power di kecepatan tinggi.
RAESR Tachyon Speed
RAESR Tachyon Speed
Ketika berada di kecepatan 150 mph (241 kph), mobil ini akan menghasilkan 400 pound downforce dalam mode low downforce atau lebih dari 1.000 pounds saat berada di konfigurasi high downforce. Untuk mencapai angka tersebut, Tachyon Speed menggunakan sayap belakang aktif yang dapat diatur dan empat sayap depan yang fix.

Mobil litrik masih memiliki keterbatasan daya jelajah saat ini, dan ini menjadi sangat penting bagi Tachyon. RAESR mengatakan bahwa Tachyon Speed ​​dapat menempuh jarak lebih dari 150 mil (241 kilometer) dalam sekali charging ketika berada di kondisi lalu lintas kota.

Tapi ingat, mobil ini masih konsep dan terlalu dini untuk mengatakan apakah Tachyon Speed benar-benar masuk ke jalur produksi. Kita tunggu saja, apakah hanya menjadi konsep seperti supercar/hypercar listrik lainnya atau menjadi seperti Tesla.

0 comments:

Post a Comment

Search