Home » , » Pemda DKI Mulai Sosialisasikan Aturan Beli Mobil Harus Punya Garasi, Batam Kapan?

Pemda DKI Mulai Sosialisasikan Aturan Beli Mobil Harus Punya Garasi, Batam Kapan?

Pasti sering kita temukan di perumahan-perumahan dimana mobil diparkir berjejer yang menyebabkan kesulitan ketika kita harus lewat. Di perumahan saya juga banyak yang seperti ini hiks... 😭

Parkir Sembarangan di Jalan Perumahan
Parkir Sembarangan di Jalan Perumahan
Jengkel atau marah mungkin juga akan kita rasakan jika menemui hal seperti ini, apalagi ketika kita buru-buru eh ternyata ada mobil yang menghalangi jalan, jadi harus ketok-ketok rumah orang ataupun bahkan banyak yang sampi cekcok dengan tetangga karena hal-hal seperti ini.

Namun, langkah preventif telah dilakukan oleh pemerintah daerah Jakarta yang telah membuat Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2014 tentang transportasi. Dalam Perda ini juga terdapat pasal yang mengharuskan setiap orang ataupun badan usaha yang memiliki mobil wajib memiliki garasi. Memang sudah sekitar 3 tahun Perda ini dibuat, namun pelaksanaannya masih belum maksimal.

Parkir Sembarangan di Jalan Perumahan
Gimana bisa lewat?
Kini, pemerintah daerah Jakarta kembali menggencarkan sosialisasi peraturan ini, sehingga nantinya setiap orang yang akan membeli mobil harus bisa menunjukkan dulu surat keterangan kepemilikan garasi. Sudah tahu kan kalau Jakarta semakin macet akibat salah satunya adalah adanya peningkatan jumlah pembelian kendaraan dan banyak warga yang membeli mobil namun tidak memiliki garasi sehingga mobilnya parkir di jalan umum.
“Sebelum dia beli mobil itu ada jaminan dari yang mau beli, menerangkan bahwa dia punya garasi. Jangan (beli mobil) enggak punya garasi. Tidak ada garasi, mobilnya jadi parkir di mana-mana. Nah inilah yang kita sosialisasikan terus. Kalau anda ingin membeli kendaraan bermotor, mobil, harus punya garasi,” ungkap Pak Djarot di Balai Kota.
Secara detail berikut ini adalah pasal 140 dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2014 yang mengatur masalah kepemilikan garasi.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Transportasi

Pasal 140
  1. Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
  2. Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.
  3. Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.
  4. Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur.
Langkah ini memang sangat bagus, asalkan peraturan ini benar-benar disosialisasikan dan ditegakkan tanpa pandang bulu. Kalau memang mau beli mobil ya buat dulu garasinya, jangan menyusahkan orang lain dengan mengambil hak pengguna jalan karena jalan yang seharusnya lancar menjadi terganggu akibat parkir sembarangan, walaupun berada di jalan perumahan.

Beli mobil ya parkirnya di garasi, seperti halnya beli burung ya harus dengan sangkarnya. Tidak punya garasi? Jual tuh mobil dan beli garasinya...

Bagaimana dengan Batam? Adakah peraturan semacam ini? Kalau belum ada, saya tunggu ya Pak Walikota... tapi kalau sudah ada tolong ditegakkan 😊

0 comments:

Post a Comment

Search