Home » , » Pembalap Indonesia Terjun di Ajang World Superbike 2017

Pembalap Indonesia Terjun di Ajang World Superbike 2017

World Superbike memang sepertinya kurang menarik jika dibandingkan dengan MotoGP, terutama di Indonesia. Namun, persaingan di World Superbike justru sangat sengit, apalagi motor yang dipakai merupakan motor-motor yang diproduksi massal.

FIM Supersport 300 World Championship, ada gambar CBR250RR tuh...
Nah, tahun depan mungkin ceritanya akan lain. Soalnya, di musim depan ada pembalap Indonesia yang akan terjun di ajang World Superbike. Bukan di kelas teratas sih, tetapi di kelas FIM Supersport 300 World Championship yang baru dibuka untuk musim depan. Semoga disiarkan secara langsung ya...
Daftar Peserta Supersport 300
Dari 35 peserta, ada satu pembalap dari Indonesia yang turut berlaga, dialah Ali Adriansyah Rusmiputro yang akan mewakili Indonesia di laga yang akan mempertarungkan 24 tim dari 14 negara di dunia.
“Iya, saya akan bermain di Supersport 300 cc selama satu musim dengan tim Pertamina Indonesia Racing Team,” ungkap Ali Adrian (Dapurpacu.com).

Di ajang Supersport 300, ada 4 motor yang dipergunakan yaitu Yamaha R3, Kawasaki Ninja 300, KTM RC390 dan Honda CBR500R. Namun pada gambar pertama di atas kok ada wajah CBR250RR ya? Apakah nantinya akan ada CBR300RR? Sepertinya begitu...

Di ajang ini, Ali akan menunggangi Yamaha R3 yang sudah cukup berpengalaman di kompetisi 300 cc di Eropa.
“Selain track record Yamaha R3 pada kompetisi 300 cc di Eropa, harapannya dengan memakai Yamaha, bisa bekerja sama juga dengan pihak Yamaha Indonesia. Kalau bisa sih, kami mengumpulkan data untuk riset dan disupport spare part oleh Yamaha Indonesia,” harap Ali Adrian.
Sementara untuk debutnya nanti, Adrian tidak mematok target yang muluk-muluk, cukup target 5 besar dulu.
"Saya rasa dia bisa di top 5 di kelas barunya. Kompetisi ini sangat baru dan saya yakin dia bisa "berbicara" banyak. Dan, untuk lanjut ke jenjang lebih tinggi (Moto2 dan MotoGP) lagi lebih mudah," klaim David Garcia, pelatih dan manajer Adrian.
Walau terkesan motor yang digunakan tidak seimbang (ada CBR500R lho), namun banyak peraturan yang dibuat agar balapan di kelas 300 cc ini bisa menarik dan seimbang. Misalnya saja, berat minimal masing-masing motor yang dibatasi, kemudian juga RPM maksimal juga dibatasi, dan banyak lagi peraturan-peraturan lainnya.


Selamat berjuang Ali Adrian, semoga bisa membawa harum nama bangsa Indonesia!

1 comments:

  1. Klo gak salah ini pembalap yang mendapat julukan"the next Rossi Indonesia".

    Terima kasih

    ReplyDelete

Search