Home » , , , » Head to Head Data Penjualan Honda Sonic vs Suzuki Satria Tahun 2016, Siapa Unggul?

Head to Head Data Penjualan Honda Sonic vs Suzuki Satria Tahun 2016, Siapa Unggul?

Pasar motor ayago di tanah air praktis saat ini hanya dihuni oleh Honda Sonic dan Suzuki Satria. Walaupun sering dibandingkan dengan Yamaha MX King, namun tetap saja MX King adalah motor bebek, yang pastinya tidak cocok jika diadu. Kawasaki Athlete? Maaf tidak usah dibawah ya... :)

Sonic vs Satria
Kalau di lintasan balap mungkin Satria FI belum bisa bicara banyak, bisa dibilang selalu kalah kalau diadu dengan Sonic dan MX King. Namun kita tidak akan membahas masalah performa mesin disini, melainkan data penjualan selama tahun 2016 ini hingga bulan September 2016.

Satria Injeksi sendiri dilakukan bulan Februari 2016 lalu untuk membalas Honda Sonic yang sudah "merecoki" pasar ayam jago di tanah air. Saat launching, penjualan Satria FI langsung naik drastis di kisaran 10.000 unit. Namun, kalau melihat data penjualan berikutnya Satria FI cenderung naik turun di kisaran 2000 hinggga 5000 unit per bulannya. Sedikit "anomali" di bulan Mei dimana hanya terjual sebanyak 1208 unit.

Nah, bagaimana dengan Honda Sonic? Biar lebih jelas kita lihat saja tabel dan grafik di bawah ini :
Tabel Penjualan Sonic vs Satria 2016
Grafik head to head penjualan Sonic vs Satria di 2016
Dari 2 komparasi di atas, terlihat bahwa Satria hanya unggul di bulan Februari 2016 saat launching dan bulan Mei. Di bulan lainnya, Satria harus bertekuk lutut di bawah Sonic. Walaupun demikian secara total penjualan hingga September 2016, Satria masih unggul sebanyak 3718 unit karena tertolong oleh booming saat launching.

Jadi, sepertinya Suzuki Satria yang menggembar-gemborkan power paling superior di kelasnya belum mampu untuk melibas Sonic dalam hal penjualan. Memang, nama besar dan layanan after sales Honda akan sulit dikalahkan. Namun, seharusnya Suzuki bisa lebih maksimal di ajang lintasan balap untuk lebih mengenalkan nama Satria yang sekarang sudah injeksi :)

3 comments:

  1. Betul bang layanan after sales Suzuki perlu dibenahi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... ASS Suzuki bisa dibilang memang paling parah. Apalagi kalau di Batam jika dibandingkan dnegan H & Y, jauhhhh

      Delete
  2. Mantab gan... Satria memang perlu focus di ajang balapan

    ReplyDelete

Search